Aktivitas calon penumpang saat menunggu di peron dan tiket memadati Stasiun Pasar Senen, Pasar Senen, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. PT KAI mencatat telah menyelamatkan barang tertinggal milik penumpang kereta api senilai Rp11.418.824.365.(FT-03)

EKONOMI

Sepanjang Januari Hingga Oktober 2024, PT KAI Amankan Barang Tertinggal Senilai Rp11,4 Miliar

Kamis 21 Nov 2024, 05:45 WIB

POSKOTA.CO.ID - Sepanjang periode Januari hingga Oktober 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat telah menyelamatkan barang tertinggal milik penumpang kereta api senilai Rp11.418.824.365.

"Selama periode Januari hingga Oktober 2024, KAI berhasil mengamankan 7.237 barang temuan dengan estimasi nilai total mencapai Rp11.418.824.365," ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan yang dikutip Poskota, Kamis 21 November 2024.

Diungkapkan Anne bahwa dari 7.237 barang yang ditemukan sebanyak 3.151 di antaranya merupakan barang-barang berharga, seperti peralatan elektronik, perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai.

"Sebagian besar barang tersebut sudah berhasil kami kembalikan kepada pemiliknya, namun ada juga yang masih kami simpan karena pemiliknya belum mengambilnya,” terangnya.

Anne mengatakan bahwa jumlah itu menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun 2023, di mana KAI mengamankan 5.434 barang dengan estimasi nilai Rp6.655.984.900.

Untuk itu, KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, termasuk melalui layanan Lost and Found (barang tertinggal).

Layanan tersebut memungkinkan pelanggan yang kehilangan barang di kereta api atau di stasiun untuk melapor kepada petugas atau melalui Contact Center KAI 121 agar dapat segera diambil langkah-langkah pengembalian barang.

Langkah lainnya untuk menekan angka barang tertinggal, petugas di stasiun dan kereta api secara rutin mengingatkan para pelanggan untuk selalu menjaga barang bawaan mereka agar tidak tertinggal.

“Meski barang bawaan adalah tanggung jawab pelanggan, kami berusaha memberikan layanan terbaik dengan membantu mengamankan barang yang tertinggal baik di kereta maupun di stasiun. Kami ingin memastikan agar barang yang tertinggal dapat kembali ke pemiliknya dengan aman,” papar Anne.

Komitmen KAI dalam menyediakan layanan Lost and Found merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya dalam hal keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan.

Menurut Anne, layanan itu menjadi prioritas dalam memastikan kepuasan pelanggan dan mendukung pengalaman perjalanan yang lebih baik.

“KAI berkomitmen untuk terus menciptakan ekosistem transportasi yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan. Dengan fokus pada inovasi dan pelayanan responsif," ucap Anne.

Dengan begitu dikatakan Anne, KAI juga berharap dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk memilih kereta api sebagai moda transportasi massal yang aman, efisien, dan berkelanjutan.

 

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 
 

Tags:
PT KAIBarang Tertinggal di KeretaKereta ApiPelayanan KAI

Yugi Prasetyo

Reporter

Yugi Prasetyo

Editor