media sosial pilihan gen z ini membuat mereka segera meninggalkan televisi saat mencari informasi. (Freepik)

TEKNO

Bye-bye TV, Gen Z Kini Lebih Memilih Deretan Media Sosial Ini untuk Mencari Informasi, Apa Saja?

Jumat 01 Nov 2024, 23:01 WIB

POSKOTA.CO.ID – Ternyata Gen Z tidak lagi memerlukan televisi untuk mendapatkan informasi. Mereka sering menggunakan beberapa media sosial ini untuk memuaskan hasrat ingin tahu mereka.

Generasi Z atau gen Z adalah generasi yang kelahirannya berada di antara tahun 1996 hingga 2011. Generasi Z dikenal sebagai generasi yang melek teknologi, mencintai kebebasan dan peduli sesama.

Menariknya, alasan mengapa gen Z sangat sadar akan teknologi terkini karena mereka tumbuh dengan kehadiran ponsel, smartphone hingga sosial media.

Daftar Media Sosial yang Dipilih Gen Z

Berikut adalah beberapa urutan media sosial yang banyak digunakan oleh gen Z, seperti dilansir dari Later:

1. YouTube. 

Menurut laporan Morning Consult, YouTube adalah platform yang paling banyak digunakan oleh Gen Z karena mereka bisa menghabiskan waktu selama 80 persen saat menggunakannya.

Jika generasi millenial sangat suka menonton televisi beda halnya dengan gen Z. YouTube digunakan oleh gen z yakni sosial media sebagai pengganti televisi.

Mereka menggunakannya untuk mencari tontonan hiburan saat memiliki waktu luang bersama dengan keluarga atau teman.

2. Instagram

Berada di posisi kedua dengan meraih 75%, ini karena gen Z sering membagikan momen pribadi dengan berswafoto atau menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga saat liburan dan memostingnya.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengabadikan momen-momen tersebut agar dapat dikenang hingga kapan pun. Cukup membuka Hp dan kenangan itu akan muncul.

3. TikTok

Ternyata, TikTok berada posisi ketiga dengan capaian 69℅. Ini menjadi media bagi Gen Z yang sangat suka melakukan banyak hal terutama, apalagi terkait dengan pembuatan konten.

Gen Z sering menunjukkan sisi kreatif dan ekspresif, sehingga TikTok dapat menjadi tempat yang tepat untuk menunjukkan kreativitas dan kepribadian mereka.

4. Snapchat

Snapchat berada pada posisi keempat dengan mencapai 63℅. Snapchat menjadi media sosial pilihan gen Z karena memiliki fitur untuk berswafoto dengan berbagai macam jenis karakter.

Hingga memiliki fitur seperti cerita Snapchat. Dan beberapa hal tersebut membuatnya menjadi platform yang menarik dan interaktif.

5. Facebook dan X

Facebook dan X berada pada posisi kelima dengan mencapai 60℅. Ini karena penggunaan sosial media Facebook dan X dapat menyediakan komunitas yang sangat besar dan beragam.

Sehingga gen Z bisa menemukan grup dengan minat yang sama, berdiskusi, dan membangun koneksi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan. 

Dapatkan berita dan informasi menarik lainnya di Google News dan jangan lupa ikuti kanal WhatsApp Poskota agar tak ketinggalan update berita setiap hari. 

Tags:
media sosial pilihan gen Zmedia sosialGenerasi Milenial

Fia Afifah Rahmah

Reporter

Fia Afifah Rahmah

Editor