POSKOTA.CO.ID - Dana bantuan sosial (bansos) Program Indonesia Pintar (PIP) hadir untuk membantu memberikan biaya pendidikan kepada siswa jenjang SD, SMP, hingga SMA dari keluarga prasejahtera.
Bantuan ini disalurkan agar anak-anak jenjang sekolah dari keluarga prasejahtera tidak putus sekolah yang disebabkan oleh beban finansial.
Program bansos PIP ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai bagian dari upaya mencapai target wajib belajar 12 tahun di Indonesia.
Tujuan utama dari PIP adalah memastikan setiap anak Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan formal dan mengurangi angka putus sekolah.
Syarat Penerima Dana Bansos PIP
1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)
KIP adalah syarat utama untuk mendapatkan bantuan PIP. Siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara otomatis masuk ke dalam data penerima KIP.
Namun, jika ada siswa yang belum memiliki KIP, mereka masih bisa mengajukan dengan memenuhi kriteria tertentu.
2. Berasal dari Keluarga Kurang Mampu
Siswa yang berhak menerima bantuan PIP adalah mereka yang berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi rendah.
Biasanya, mereka adalah keluarga yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola oleh Kementerian Sosial.
3. Masih Aktif Bersekolah
Penerima bantuan PIP harus terdaftar dan aktif sebagai siswa di jenjang pendidikan dasar hingga menengah, baik itu di sekolah formal (SD, SMP, SMA) maupun non-formal dengan mengampil paket A, B, dan C.
4. Prioritas Penerima Lainnya
Selain anak-anak yang terdata dalam DTKS, ada beberapa kelompok lain yang diprioritaskan untuk menerima PIP, di antaranya:
- Anak yatim/piatu atau yang tinggal di panti asuhan
- Anak-anak dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
- Anak-anak yang mengalami situasi darurat atau musibah seperti korban bencana alam
Jika seorang siswa memenuhi kriteria di atas namun tidak mendapatkan dana bansos PIP, mereka dapat mendaftarkan diri melalui sekolah dengan mengajukan berkas yang diperlukan.