JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – DANA kembali menghimbau akan maraknya modus penipuan sebagai CS Palsu yang kini semakin sulit untuk dihindari dan dikendalikan oleh perusahaan yang bergerak pada berbagai bidang terutama fintech.
Penipuan sebagai customer service (CS) palsu ini dapat dengan mudah menjebak siapa saja bahkan dari kalangan menengah atas sekalipun apabila mereka tidak berhati – hati.
Sebagai salah satu upaya DANA dalam meminimalisir para pengguna agar tidak banyak menjadi korban penipuan CS palsu, dompet digital DANA memberikan awareness kepada seluruh pengguna untuk tetap berhati – hati akan adanya oknum yang mengatasnamakan sebagai CS DANA.
DANA memberikan awareness tersebut melalui campaignnya #AwasJebakanBadman, dengan campaign tersebut diharapkan Masyarakat akan lebih peka dan lebih waspada lagi dengan adanya oknum yang dapat merugikan pengguna DANA.
Istilah ”jebakan Batman” sendiri lebih mengarah pada adanya keadaan yang memaksa kita untuk dapat dengan cermat memperlihatkan kemampuan kecerdasan, keahlian detektif, dan juga kesiapan taktis yang dimiliki oleh Batman.
Terutama saat kita harus berhadapan dengan situasi dimana kita terjebak oleh keadaan yang sulit dan cukup mengancam diri. Hal ini sering kali menjadi sebuah momen yang sangat menantang.
Dari campaign #AwasJebakanBadman yang dibuat oleh DANA, ada beberapa hal yang wajib diketahui agar para pengguna DANA tidak mudah dikelabui oleh oknum yang mengatasnamakan cs DANA.
Mulai dari memonitor adanya pergerakan online yang dirasa cukup mencurigakan, pengguna DANA hanya butuh untuk memerhatikan panggilan mencurigakan yang masuk ke nomer pengguna, hindari untuk memberikan data pribadi seperti PIN, kode OTP, dan nomer pada kartu debit atau kredit yang dimiliki.
Selalu biasakan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu juga mampu menjadi sebuah tindakan preventif untuk melindungi diri dari adanya penipuan.
Dengan melakukan konfirmasi apakah kontak yang menghubungi tersebut benar dari pihak DANA.
Para pengguna DANA bisa melakukan konfirmasi dan pengecekan kontak tersebut melalui DANA Protection yang tersedia di aplikasi DANA.
Laporkan apabila telah terkonfirmasi jika kontak yang menghubungi bukanlah dari pihak DANA.
Para pengguna bisa melakukan pelaporan tersebut melalui Aduan Nomer pada laman yang tersedfia di DANA Protection.
Dengan begitu tidak akan ada lagi kemungkinan bahwa pengguna DANA lainnya akan mengalami hal yang serupa, karena kontak tersebut sudah dilaporkan dan sudah di proses oleh DANA, tentunya ini akan langsung terkoneksi dengan layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo).
Untuk meningkatkan keamanan dan menghindari modus penipuan Customer Service (CS) palsu, ada beberapa tips tambahan yang perlu kamu terapkan.
Pertama, perlu diingat bahwa DANA tidak lagi memiliki layanan Customer Care via WhatsApp. DANA hanya melayani keluhan dan aduan melalui DIANA, email help@dana.id, call center DANA di nomor 1500 445, serta media sosial resmi DANA Indonesia.
Selain itu, DANA tidak akan pernah menghubungi pelanggan terlebih dahulu tanpa adanya laporan sebelumnya.
Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap pihak yang mengaku dari DANA yang menghubungi tanpa alasan jelas.
Jangan asal mengklik link atau mengisi formulir dari pihak yang tidak jelas yang mengatasnamakan DANA, serta hindari mengunduh dan menginstal aplikasi DANA dari link yang dibagikan melalui grup pesan instan seperti WhatsApp atau Telegram.