ADVERTISEMENT

Toyota Ungkap Akan Memulai Produksi Mobil Listrik Murah untuk Pasar Jepang

Selasa, 16 April 2024 07:47 WIB

Share
Toyota Ungkap Akan Memulai Produksi Mobil Listrik Murah untuk Pasar Jepang (Foto: Pinterest)
Toyota Ungkap Akan Memulai Produksi Mobil Listrik Murah untuk Pasar Jepang (Foto: Pinterest)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Belum lama ini, divisi mobil kecil Toyota mengungkap akan segera memfokuskan perhatiannya pada pengembangan kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) yang terjangkau untuk pasar Jepang.

Menurut laporan dari kanal Automotive News yang disiarkan oleh laman Drive pada Sabtu, 13 April 2024 lalu, Daihatsu Jepang yang bertanggung jawab atas desain dan pembuatan city car kecil untuk Toyota, telah mengumumkan niatnya untuk mengambil tantangan dalam menciptakan mobil listrik mini.

Setelah mengalami masa-masa sulit akibat skandal kecurangan dalam uji keselamatan untuk banyak mobil kecilnya, Daihatsu terpaksa menghentikan penjualan dan beberapa petinggi perusahaan mengundurkan diri.

Segmen mobil kota yang dikenal sebagai kei car di Jepang, sampai saat ini sangat diminati karena pendaftaran murah, biaya operasional rendah, dan kemudahan parkir.

Meskipun pesaing seperti Nissan, Mitsubishi, dan Honda telah meluncurkan versi listrik, Daihatsu hingga saat ini belum merambah pasar tersebut karena alasan tertentu.

Sebagaimana yang diketahui, produsen otomotif Mitsubishi saat ini sedang mempertimbangkan rencananya untuk memperkenalkan city car listrik eK X EV ke Australia.

Daihatsu menyatakan fokusnya pada pengembangan kendaraan listrik komersial kecil, tanpa memberikan jadwal pasti untuk peluncuran city car penumpang bertenaga baterai.

Meskipun rencana tersebut tampaknya tertunda, Daihatsu telah mengumumkan niat tersebut pada tahun 2021 lalu, sebelum skandal keselamatan, kerjasama dengan Suzuki dan perusahaan induk Toyota untuk mengembangkan dan memproduksi mobil listrik kecil secara bersama-sama.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa platform van komersial yang baru diumumkan kemungkinan akan menjadi dasar untuk peluncuran beberapa city car listrik oleh Daihatsu dan Toyota di pasar global.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
2 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT