ADVERTISEMENT

Daftar Mudik Gratis Kemenhub 10.000 Orang Dibuka Hari Ini, Cek Kota Tujuannya

Sabtu, 30 Maret 2024 12:12 WIB

Share
Moda angkutan lebaran. (Humas Kemenhub)
Moda angkutan lebaran. (Humas Kemenhub)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk program mudik gratis. 

Langkah ini diambil sebagai respon antusiasme tinggi masyarakat yang ingin pulang kampung serta untuk mengurangi penggunaan sepeda motor sebagai moda transportasi.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub mengonfirmasi bahwa pendaftaran untuk mudik gratis moda bus dengan kuota 10.000 orang telah dibuka kembali. 

Sebelumnya, pendaftaran untuk program mudik gratis telah dilakukan pada tanggal 6 Maret 2024 dengan kuota 30.088 orang untuk arus mudik dan balik. Namun, kuota tersebut telah terpenuhi untuk kota tujuan mudik dan arus balik.

"Ditjen Perhubungan Darat kembali menyiapkan kuota untuk 10.000 orang sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya sebaik mungkin," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno di Jakarta, dikutip, Sabtu, 30 Maret 2024.

"Sistem pendaftarannya tetap menggunakan metode 'siapa cepat dia dapat'. Dengan demikian, total kuota yang disediakan oleh Ditjen Hubdat menjadi 40.088 orang untuk mudik gratis tahun 2024," tambahnya.

Dari kuota 10.000 orang tersebut, sebanyak 8.680 orang ditujukan untuk arus mudik, sementara 1.320 orang untuk arus balik.

Pendaftaran untuk seluruh kuota ini akan dibuka mulai hari Sabtu, 30 Maret 2024, pukul 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat. Pendaftaran akan ditutup setelah kuota terpenuhi sepenuhnya.

Kota tujuan mudik mencakup 26 kota, di antaranya Garut, Cirebon, Blora, Boyolali, Cilacap, Tegal, Demak, Jepara, Kebumen, Klaten, Magelang, Madiun, Pati, Malang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Sragen, Solo, Wonosobo, Tulungagung, Tuban, Wonosari, Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

"Adapun kota asal keberangkatan arus balik mencakup tujuh kota, antara lain Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, dan Madiun," tambahnya. (Rizal)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT