ADVERTISEMENT

Pemkot Depok Pilih Wilayah Barat Akan Dijadikan Pusat Kota Margonda Jilid II

Rabu, 20 Maret 2024 15:23 WIB

Share
Wali Kota Depok Muhammad Idris. (Ist.)
Wali Kota Depok Muhammad Idris. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan melakukan penataan pembangunan untuk wilayah barat Kota Depok.

"Untuk wilayah Barat meliputi Jalan Raya Ciputat - Parung (Bojongsari) nanti akan kita bangun menjadi Margonda Jilid II. Hal ini dilakukan secara bertahap mulai dengan tahap detail engineering design (DED)," ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris kepada wartawan usai dikonfirmasi, Rabu 20 mAret 2024..

Idris menyebutkan terdapat lima wilayah yang dicanangkan menjadi Pusat Pelayanan Kota, yaitu Margonda, Tapos, Cipayung, Bojongsari Cinere.

"Kita lakukan penataan kota zona barat, Margonda pusatnya. Tahun depan nanti kita upayakan bisa DED-nya menyeluruh, biar penataannya bisa seperti Margonda dimaksimalkan," ungkapnya.

Wilayah penataan baru, Idris berharap, kawasan tersebut bisa berkembang sama halnya seperti di Margonda. Untuk pembangunannya nanti disesuaikan dengan kemampuan pemerintah daerah.

"Saya ingin seperti Margonda, nanti pembangunannya bisa sebagian dari kita sesuai kemampuan, sebagian, kita minta dari pusat supaya mereka juga bantu,” tambahnya.

Sementara itu Idris menyebutkan tahun ini tidak ada untuk rencana perluasan jalan. Tapi yang dilakukan hanya penataan.

“Kalau perluasan jalan nggak kayaknya, sebab itu nanti paling penataan ya. Penataan sesuai dengan Garis Sempadan Bangunan (GSB) itu akan bisa diterapkan,” tukasnya.

Untuk wilayah barat, lanjut Idris, kawasannya masuk statusnya jalan nasional. Sehingga ada aturan yang harus ditaati.

“Kalau jalan nasional itu kita akan terapkan itu, kalau penataan misalnya tanahnya sisa tinggal tiga meter misalnya, setelah dipotong GSB (garis sempadan bangunan) itu bisa dijual kepada pemerintah untuk kita beli, untuk penataan taman atau apa, seperti itu aturannya,” katanya. (Angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT