ADVERTISEMENT

Warga Pagelaran Pandeglang Bersih-bersih Jalan ke Pemakaman Umum Sambut Ramadhan

Jumat, 8 Maret 2024 15:46 WIB

Share
Sejumlah warga Pagelaran Pandeglang saat bersih-bersih jalan menuju TPU. (Foto: Poskota/Samsul Fatoni)
Sejumlah warga Pagelaran Pandeglang saat bersih-bersih jalan menuju TPU. (Foto: Poskota/Samsul Fatoni)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Menjelang bulan Ramadhan, sejumlah warga Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, melakukan aksi bersih-bersih jalan menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pamatang Tajur di wilayah tersebut.

Aksi bersih-bersih itu dilakukan, guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak melakukan ziarah kubur ke TPU Pamatang Tajur tersebut.

Ketua RT 03 Kampung Pasar, Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Pandeglang, Enong mengungkapkan, aksi bersih-bersih akses menuju TPU tersebut sudah menjadi kebiasaan warga setiap menghadapi Bulan Ramadhan.

Setiap menjelang Ramadhan, banyak warga yang berdatangan ke pemakaman untuk melakukan ziarah dan mendoakan sanak saudara dan ahli warisnya yang sudah meninggal dunia.

"Jadi, supaya warga yang hendak melakukan ziarah ke pemakaman ini merasa nyaman dan aman. Karena jalur menuju TPU ini sudah dipenuhi rumput liar," ungkapnya.

Bukan hanya sebatas akses jalannya, tapi lanjut dia, aksi bersih-bersih ini juga dilakukan di kawasan TPU. Supaya TPU ini bersih dan warga yang berziarah merasa nyaman.

"Kegiatan ini juga selain menyambut kedatangan Ramadhan, juga memupuk kebersamaan antara masyarakat. Jadi melalui kegiatan ini, kekompakan dan semangat gotong royong warga terbangun," katanya.

Dijelaskannya, kerja bakti bersih-bersih jalan ke pemakaman umum ini juga salah satu wujud kehidupan sosial dan bertetangga. Menurutnya, banyak kemuliaan diperoleh dari kehidupan bertetangga, termasuk melalui kerja bakti ini.

"Selain jalan ke kuburan ini bersih dan indah, sehingga pengunjung merasa nyaman, kita juga bisa saling bersilaturahmi dengan warga lainnya melalui kerja bakti ini," ujarnya.

Warga lainnya, Jaya mengatakan, jalan ini merupakan satu-satunya akses menuju ke pemakaman umum di wilayahnya. Setiap menjelang Ramadhan dan setelah Idul Fitri, banyak warga yang berkunjung ke TPU untuk melakukan ziarah kubur.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT