ADVERTISEMENT

Dinkes Kabupaten Tangerang Siapkan Fasilitas Kesehatan Tangani Lonjakan Kasus DBD

Selasa, 5 Maret 2024 15:24 WIB

Share
Ilustrasi DBD. (ist)
Ilustrasi DBD. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menginstruksikan seluruh fasilitas kesehatan baik Puskesmas dan rumah sakit milik daerah untuk meningkatkan kesiagaan dalam menangani kasus demam berdarah dengue (DBD).

Mengingat, sejak awal tahun, Dinkes mencatat sebanyak 1200 kasus DBD terjadi di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, pihaknya juga memerintahkan kepada para petugas penyuluh kesehatan di tingkat kecamatan agar bisa memberikan sosialisasi tentang pencegahan dan bahayanya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tersebut.

"Di seluruh tempat kesehatan kita sudah siapkan obat-obatan, foging nyamuk dan fasilitas pencegah DBD lainnya. Bahkan, kita sudah berkoordinasi agar seluruh Puskesmas dan RS milik daerah serta swasta agar bersiaga," kata Kepala dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Tangerang, dr Achmad Muchlis, Selasa, 5 Maret 2024.

Ia mengimbau kepada masyarakat setempat agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar, seperti selalu mengecek tempat penampungan air yang bisa menjadi perkembangan jentik nyamuk dan selalu menerapkan gerakan 3M plus yakni Menguras, Menutup serta Mengubur.

"Imbauan agar warga masyarakat untuk mau memeriksa jentik rumah masing-masing (satu rumah satu jumantik) untuk menurunkan kasus DBD ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, selama periode Februari 2024, Dinkes Kabupaten Tangerang mencatat ada sebanyak 600 kasus DBD, empat di antaranya meninggal dunia. (Veronica Prasetio)

ADVERTISEMENT

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Firman Wijaksana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT