ADVERTISEMENT

Quick Count LS-Vinus, Golkar Berpotensi Raih Dua Kursi DPR RI di Dapil Jabar V

Kamis, 22 Februari 2024 07:20 WIB

Share
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (Panca Aji)
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Proses hitung cepat saat ini tengah dilakukan oleh beberapa lembaga survei, tak hanya pada Capres-cawapres, proses hitung cepat itu pun dilakukan juga pada partai dan calon anggota legislatif.

Diantaranya, proses hitung cepat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Quick count pun dilakukan terhadap calon anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) V Jawa Barat.

Lembaga Study Visi Nusantara (LS-Vinus) melakukan quick count calon DPR RI Dapil V Jawa Barat, atau Kabupaten Bogor. Penghitungan ini dilakukan guna menghitung potensi sembilan kursi di Senayan. 

Direktur Eksekutif LS-Vinus, Yusfitriadi menyebut, partai Golkar berpotensi besar mendapatkan dua kursi dari sembilan jatah kursi DPR RI. Dua Kursi itu yakni di kursi kedua dan kursi ke sembilan. 

Dari hasil quick count sendiri, Partai Golkar meraih sebanyak 410.180 suara dari total keseluruhan pemilih di Kabupaten Bogor.

Suara itu menjadikan Golkar di posisi kursi kedua setelah Gerindra yang meraih 518.270 suara.

Di kursi ke sembilan, Golkar kembali berpotensi menduduki kursi keduanya, sebab perolehan suara Golkar di kursi ke sembilan sedikit lebih tinggi dari pada PPP. 

Berdasarkan Metode Sainte-Laguë, suara Golkar kembali menduduki kursi keduanya di urutan ke sembilan dengan raihan suara partai yang dibagi 3 dengan kursi pertama, yakni sebanyak 136.726 suara. Suara kursi kesembilan itu lebih tinggi dari suara PPP yang hanya 130.966. 

Namun, partai PPP dimasukkan menjadi potensi pemilik kursi ke sembilan karena suaranya tipis dan margin of error berada sekitar 3%. 

"PPP hari ini beda tipis dengan Golkar, lebih tinggi golkar di kursi 9, jadi memungkinkan dapat kursi ke sembilan walaupun di bawah Golkar karena margin of errornya 3 persen," kata Yusfitriadi, Kamis (22/2/2024).

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT