ADVERTISEMENT

Profil Darwis Triadi, Fotografer yang Dirujak Netizen Usai Komentarnya Terkait Aksi Kamisan

Sabtu, 17 Februari 2024 16:08 WIB

Share
Profil Darwis Triadi, Fotografer yang Dirujak Netizen Usai Komentarnya Terkait Aksi Kamisan (Instagram: @darwis_triadi)
Profil Darwis Triadi, Fotografer yang Dirujak Netizen Usai Komentarnya Terkait Aksi Kamisan (Instagram: @darwis_triadi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Andreas Darwis Triadi atau Darwis Triadi mendadak viral dan dikecam netizen usai mengomentari foto Aksi Kamisan yang diunggah Instagram @hariankompas pada Jumat (16/2/2024). 

Foto tersebut menampilkan sosok Maria Catariana Sumarsih yang tengah memegang kartu merah saat Aksi Kamisan ke-805 pada Kamis (15/2/2024). Ia merupakan aktivis sekaligus ibu dari seorang mashasiswa Universitas Atma Jaya, Wawan, yang tewas tertembak dalam Tragedi Semanggi 1 (1998).

Mengutip ANTARA, tidak hanya Maria, seluruh keluarga korban dan partisipan Aksi Kamisan ke-805 itu juga beramai-ramai menunjukkan kartu kuning dan kartu merah sebagai bentuk protes atas tindakan pelanggaran pada Pemilu 2024 yang dinilai melemahkan demokrasi.

Dalam unggahan Instagram @hariankompas yang menampilkan Maria tersebut, Darwis menyebut bahwa Pemilu 2024 sudah selesai sehingga peserta Aksi Kamisan tidak perlu membuat keributan.

"Wes tooo, pemilu wae rampung Bu, tinggal tunggu KPU... quick count juga sudah ada... trimo karo lapang dodo, ora usah nggawe ribut malah.. ojo gelem dikongkon ngene.. pun kundur mawon," komentar Darwis pada unggahan tersebut dengan akunInstagram pribadinya @darwis_triadi.

Komentar yang menggunakan bahasa Jawa itu memiliki arti yang berbunyi Sudahlah, pemilu saja sudah selesai “Bu, tinggal tunggu KPU... penghitungan cepat juga sudah ada... terima dengan lapang dada, tidak usah malah membuat keributan.. jangan mau disuruh seperti ini.. sudah pulang saja." 

Hal tersebut tentu mencuri perhatian netizen, Darwis pun langsung mendapat banyak kritikan. Namun, komentar tersebut dihapus selang beberapa waktu.

“@darwis_triadi ko komenannya dihapus? ini bukan isu 5 tahunan tapi mingguan tiap hari kamis. Itu para orangtua yang anak-anaknya hilang. Kalau meninggal, bagaimana meninggal dan di mana kuburnya. Hati2 ya pak, sekarang anda ngejulid diomen yg anda hapus itu, bisa jadi lain waktu anda mengalami apa yg dialami para orang tua tsb,” ujar akun @yosafoya dalam kolom komentar di unggahan tersebut.

Profil Darwis Triadi

Darwis Triadi adalah salah satu fotografer profesional di Tanah Air. Ia lahir pada 15 Oktober 1954 di Solo, yang artinya kini Darwis berusia 59 tahun. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rivera Jesica Souisa
Editor: Rivera Jesica Souisa
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT