ADVERTISEMENT

Gunakan Desain Mercedes, Red Bull Siap Gunakan RB20 untuk F1 2024

Jumat, 16 Februari 2024 13:30 WIB

Share
RedBull rilis mobil terbarunya RB20 yang terinspirasi dari Mercedes. (Foto/Honda)
RedBull rilis mobil terbarunya RB20 yang terinspirasi dari Mercedes. (Foto/Honda)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. Red Bull telah mengungkapkan mobil RB20 yang akan digunakannya di Formula 1 2024, yang tampaknya akan menggunakan ide desain yang sebelumnya dibuang oleh Mercedes.

Seperti yang dapat dilihat pada beberapa foto mata-mata yang diambil dari hotel di Silverstone selama Shakedown Red Bull pada Selasa (13/2/2024), RB20 yang diluncurkan Kamis kemarin, menampilkan saluran pendingin panjang yang membentang dari halo di sepanjang penutup mesin.

Hal ini tampak sangat mirip dengan desain yang digunakan Mercedes pada mobil W14 2023, bahkan setelah meninggalkan desain sidepod 'zeropod' untuk menggunakan solusi downwash yang diadopsi secara luas oleh Red Bull.

Kemiripan dengan W14 tampaknya tidak berhenti sampai di situ dengan spesifikasi peluncuran RB20, yang akan digunakan Red Bull untuk tes Bahrain minggu depan dan pembuka musim bulan depan, meskipun bos tim Christian Horner tidak mengesampingkan perubahan dalam jangka waktu tersebut saat ditanya tentang kemungkinan tersebut.

 

 

 



RB20 juga memiliki saluran masuk radiator sidepod vertikal, di bawah sidepod yang lebih berat daripada RB19. Hal ini pertama kali terlihat pada mobil 'zeropod' pertama Mercedes, W13.

Namun, RB20 tetap mempertahankan solusi sidepod downwash lebih jauh ke bawah, sementara hidung dan bagian depan lainnya tampak mirip dengan yang digunakan Red Bull pada akhir musim lalu.

Lantai yang dipasang pada RB20 untuk acara peluncuran terlihat lebih besar dan sederhana daripada lantai terowongan Venturi yang rumit dan kritis, yang diperlukan untuk aturan ground effect F1 saat ini.

Namun, ini mungkin merupakan tipu muslihat yang bertujuan untuk merahasiakan perangkat aerodinamis terpenting mobil ini dari tim-tim rival selama mungkin sebelum pengujian 2024 dimulai.

Elemen mirip Mercedes yang banyak dibahas di bawah sidepod RB20 juga bisa menjadi upaya untuk menabur kebingungan - mengingatkan pada tim bermerek Alfa Romeo yang merilis gambar peluncuran mobil 2023 dengan tepi lantai palsu tahun lalu.

 

 

 

 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT