ADVERTISEMENT

McLaren Luncurkan Mobil F1 2024 MCL38, Evolusi Mobil Kompetitif

Kamis, 15 Februari 2024 16:00 WIB

Share
Mclaren luncurkan mobil terbarunya MCL38. (twitter McLarenF1)
Mclaren luncurkan mobil terbarunya MCL38. (twitter McLarenF1)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dikutip dari laman motorsport.com. McLaren telah meluncurkan mobil Formula 1 2024, MCL38 asli, yang akan dikemudikan Lando Norris dan Oscar Piastri, yang coraknya sudah diikenal.

McLaren telah mendahului semua orang dengan mengungkapkan corak mobil F1 2024 pada pertengahan Januari lalu. Rabu (14/2/2024), mereka akhirnya meluncurkan mobil yang sebenarnya.

Launching mobil balap McLaren di berlangsung sederhana, dengan tim asal Inggris ini mengikuti jejak tim-tim lain dengan tidak mengadakan acara langsung di Woking Technology Centre, melainkan hanya mengunggah gambar-gambar MCL38 di laman resmi dan media sosialnya.

Seperti yang telah diketahui, McLaren didominasi warna hitam karbon (atau hitam serat karbon) dengan warna oranye pepaya, meninggalkan warna biru hampir seluruhnya. Namun, selain desain yang mengingatkan pada corak khusus McLaren di Singapura dan Jepang 2023, mobil baru itu menampilkan beberapa hal baru yang menarik dari segi aerodinamika, meskipun ini merupakan evolusi dari mobil yang sudah kompetitif, tahun lalu, yang beberapa kali menjadi yang tercepat kedua di belakang Red Bull. 

 

 

 

 

 



McLaren, seperti Ferrari dan Aston Martin, telah memutuskan untuk fokus pada hidung yang menempel pada sayap depan pada profil kedua daripada yang pertama, sehingga mungkin tidak memanfaatkan kelenturan sayap untuk menghasilkan downforce dan memilih manfaat lain.

Saluran masuk ponton cukup besar dan miring ke belakang, menggemakan konsep yang telah diungkapkan oleh Red Bull dan diikuti semua orang. Juga pada MCL38 terdapat dua bazoka di kap mesin untuk menyalurkan udara panas ke sayap belakang dan memanfaatkan sayap yang lebar.

Suspensi belakang McLaren baru adalah push-rod, meninggalkan Ferrari dan Haas sebagai satu-satunya mobil yang memilih sistem pull-rod di area tersebut.

"Ada sejumlah inovasi pada mobil ini, namun tidak semua area yang ingin kami tangani telah selesai untuk mobil spesifikasi peluncuran ini. Area-area tersebut sekarang menjadi fokus pengembangan kami selama musim ini, yang sudah berjalan," kata Andrea Stella.

McLaren MCL38 akan menjadi mobil musim ke-59 tim asal Inggris ini di Formula 1, setelah berkompetisi setiap musim tanpa absen sejak 1966. Dengan nama tersebut, tidak akan pernah ada MCL37, karena mobil tahun 2022 adalah MCL36, namun mobil tahun 2023 disebut MCL60 untuk merayakan 60 tahun berdirinya tim.

 

 

 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT