ADVERTISEMENT

Destinasi Wisata yang Dekat dengan IKN, Jangan Ragu Eksplore Yuk!

Jumat, 9 Februari 2024 16:57 WIB

Share
Foto: Destinasi Wisata yang Dekat dengan IKN, Jangan Ragu Eksplore Yuk Lewat Traveloka.. (Ist.)
Foto: Destinasi Wisata yang Dekat dengan IKN, Jangan Ragu Eksplore Yuk Lewat Traveloka.. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ibu Kota Negara atau IKN menjadi pembahasan yang hangat beberapa waktu terakhir. Tentunya, hal tersebut juga mengundang rasa penasaran banyak orang, tidak termasuk juga terkait wisatanya. Dan tenang saja, wilayah yang berada di dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur ini tawarkan banyak destinasi wisata alam memukau.

Dari segi transportasi, pesawat memang jadi pilihan utama. Pilihan airport terdekatnya juga banyak, misalnya Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara APT Pranoto, dan lain-lain. Ke depannya, akan dibangun lebih banyak pilihan transportasi tentunya. Bagi yang penasaran ke IKN, bisa pesan tiket pesawat di Traveloka.

Traveloka memang tawarkan beragam penerbangan ke berbagai wilayah Indonesia, termasuk juga bandara yang beroperasi di sekitaran IKN. Pembangunan memang belum selesai 100%, namun Anda sudah bisa berkunjung untuk sekadar melihat prosesnya sekaligus jelajah wisata di sekitarnya.

Titik Nol IKN Nusantara

Titik Nol IKN Nusantara merupakan salah satu destinasi wisata yang menyedot perhatian warga yang tinggal di sekitaran IKN. Lokasi tepatnya berada di Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Banyak wisatawan datang ke sini untuk sekadar berfoto atau setidaknya menghilangkan rasa penasaran atas proses pembangunan calon “rumah baru” bagi Indonesia. Tempat ini sudah diresmikan pada tanggal 14 Maret 2022 dan sejatinya merupakan sebuah monumen dengan tinggi 50 sentimeter.

Pulau Maratua

Pilihan selanjutnya adalah Pulau Maratua yang terkenal dengan keindahan alam yang ditawarkan. Alamatnya berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Panorama alam yang ditawarkan di sini sangat memikat hati. Saking cantiknya, Pulau Maratua ini disebut sebagai sepotong surga tersembunyi dari Kalimantan Timur.

Tempat ini menawarkan keindahan alam berupa pantai dengan laut biru yang bersih, ditambah dengan berbagai biota laut menarik, plus jadi rumah untuk beberapa spesies penyu untuk bertelur. Di sini juga dilengkapi dengan beberapa gua cantik dan eksotis. Cocok juga bagi yang melakukan penyelaman bawah laut.

Bukit Bangkirai

Alternatif lainnya adalah Bukit Bangkirai yang berada dikelola oleh PT Inhutani I Unit I Balikpapan. Lokasi tepatnya berada di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Ini merupakan kawasan wisata yang terkenal asri dengan banyaknya pohon-pohon yang menjulang tinggi mencapai 50 meter.

Usia pepohonan yang ada di sekitaran Bukit Bangkirai ini bahkan mencapai 150 tahun. Menariknya, di sini juga sudah ada beberapa fasilitas pendukung untuk semakin leluasa menikmati wisata. Seperti halnya Jembatan Gantung yang konstruksinya terbuat dari baja anti karat. Keindahan flora dan fauna di sekitarnya juga akan membuat betah.

Desa Budaya Pampang

Bagi yang ingin mengenal budaya di Kalimantan lebih dalam, bisa berkunjung ke Desa Budaya Pampang. Di sini, Anda akan menikmati berbagai budaya yang ditawarkan oleh suku Dayak. Mulai dari kehidupan sehari-harinya, aktivitas keagamaan, gotong royong, sampai dengan kegiatan panen raya.

Saat datang, Anda akan disambut oleh banyak hal. Mulai dari arsitektur khas Suku Dayak dengan kayu ulin dan berbagai hiasannya, tari-tarian khas Suku Dayak seperti Kancet Punan Lettu, Hudoq, dan lain-lain, berfoto langsung dengan masyarakat, dan tentu saja mencoba berbagai kuliner khasnya.

Pantai Tanah Merah

Alternatif destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Tanah Merah Samboja. Lokasinya berada di jl. Samboja-Muara Jawa, Hnadil Tanjung Harapan, Kec. Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan. Namanya memang tanah merah, namun pantainya memiliki pasir putih yang sangat besar.

Di sekitaran pantai, ditumbuhi pohon cemara dan juga mangrove yang membuatnya jadi lebih rindang. Ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan di wisata satu ini. Selain menikmati berbagai keindahan yang ditawarkan, bisa bermain layangan, berburu spot foto, jogging, camping, berjemur, dan lain sebagainya.

Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus tawarkan keindahan yang juga eksotis dari Penajam Paser Utara. Lokasinya memang persis di IKN, suasana yang ditawarkan sangar asri dan memikat hati. Keindahannya masih sangat alami dengan ketinggian 25 meter. Suasananya sangat sejuk, debit airnya akan lebih besar saat musim hujan.

Tidak hanya air terjunnya saja yang menarik, lingkungan di sekitarnya juga begitu asri. Pepohonan hijaunya akan membuat Anda betah liburan ke sini. Namun tentu saja, karena membutuhkan trekking, ada baiknya untuk mempersiapkan stamina supaya bisa jelajah dengan lebih menyenangkan dan seru.

Taman Bunga Rozeline

Satu lagi tujuan wisata yang bisa Anda jelajahi yaitu Taman Bunga Rozeline yang berada di Kota Penajam Paser Utara. Seperti namanya, di sini memang merupakan tempatnya bunga warna-warnid ditambah dengan beberapa spot Instagenic. Dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti gazebo, spot olahraga, dan lain sebagainya.

Lokasi tepatnya bunga ini berada di Nenang, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Cocok sekali untuk wisata bersama dengan keluarga saat berada di sekitaran Kalimantan Timur.

Mulai dari Titik Nol IKN Nusantara sampai dengan taman Bunga Rozeline, itulah deretan destinasi wisata yang dekat dengan kawasan IKN. Bisa banget dijelajahi jika Anda berkunjung ke sekitaran IKN. Sementara untuk tiket pesawatnya, jangan ragu untuk memesan di Traveloka saja. (Ril)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT