ADVERTISEMENT

Hanya Bermodalkan Rp2 juta, PRT Yuni Maju Sebagai Caleg di Pemilu 2024

Rabu, 7 Februari 2024 07:39 WIB

Share
Yuni Caleg Partai Buruh bersama Timses dalam mempersiapkan atribut APK. (Angga)
Yuni Caleg Partai Buruh bersama Timses dalam mempersiapkan atribut APK. (Angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Tidak bermimpi akan maju menjadi calon legislatif (Caleg) di Pemilu 2024, Yuni Sri Rahayu (41) mendapat dukungan dari Koordinator Jaringan Advokasi Pekerja Rumah Tangga (JALAPRT) maju menjadi Caleg untuk Partai Buruh untuk DPRD DKI Jakarta Selatan.

Bagi Dapil 6 DPRD Provinsi DKI Jakarta, Yuni tidak menyangka bisa maju dalam konstetansi Pemilu 2024 untuk pertama kali sebagai Caleg.

Ibu empat anak yang hanya mengecap pendidikan SMA Paket C dan baru melanjutkan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) semester 3 ini sebelumnya tidak ingin maju menjadi Caleg.

"Awal saya sudah berkecimpung dalam Jaringan Advokasi Pekerja Rumah Tangga (JALAPRT) selama 10 tahun dari tahun 2014 sampai sekarang. Pada tahun 2022 kemarin koordinator mencalonkan saya untuk bergabung di Partai Buruh maju menjadi calon legislatif untuk DPRD Provinsi DKI Jakarta Dapil 6 mencakup wilayah Kecamatan Cilandak, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Setia Budi, dan Pesanggrahan," ujar Yuni kepada Poskota saat dihubungi, Selasa (6/2/2024).

Dalam perjalanan menjadi Caleg setiap berkampanye memiliki lika liku karena keterbatasan anggaran.

"Untuk maju Caleg dibutuhkan kemapanan dalam hal finansial khususnya. Ini hanya bermodal sekitar Rp 2 juta saja hasil menyisihkan uang gaji dari bekerja sebagai PRT untuk digunakan buat membeli kebutuhan Alat Peraga Kampanye (APK)," katanya.

Meski diakui Yuni apa daya yang dilakukannya selama kampanye ada yang menolak dan tidak boleh melakukan kampanye di sekitar lingkungan timpat tinggalnya Jalan Bukit Kemang, Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Sempat menemui intimidasi dari perangkat RT lingkungan tidak boleh lakukan kampanye dan masang atribut APK. Dalam menjaga keamanan kenyamanan keluarga pasang APK dibantu timses 10 orang dari JALAPRT diluar lingkungan tempat tinggal," tambah Yuni

Kendati demikian ibu empat anak kelahiran Tegal, Jawa Tengah ini tetap maju dan berharap dalam pencoblosan tanggal 14 Februari nanti dapat terpilih.

"Saya akan memperjuangkan yang sudah menjadi visi misi saat mencalonkan maju menjadi Caleg DPRD Provinsi DKI Jakarta yaitu mendorong kesetaraan perlindungan spesial terhadap miskin kota dan desa. PRT perempua  akan diberikan jamina  bantuan sosial untuk mudah didapatkan tanpa syarat, lalu terakhir memperjuangkan perlindungan perempuan," tuturnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Angga Pahlevi
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT