ADVERTISEMENT

Gelar Simulasi Pemilu, Kapolda Ingatkan Soal Tugas dan Tanggung jawab

Jumat, 2 Februari 2024 11:50 WIB

Share
Suasana simulasi yang menggambarkan situasi pemilu yang memanas. (ist)
Suasana simulasi yang menggambarkan situasi pemilu yang memanas. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polda Banten menggelar simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), bertempat di lapangan Polda Banten.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kapolda Banten Irjen Abdul Karim, Wakapolda Banten Brigjen Pol H.M. Sabilul Alif, serta sejumlah Pejabat Utama Polda Banten lainnya.

Kapolda mengatakan bahwa latihan simulasi pengamanan TPS ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan personil Polda Banten dalam pengamanan Pemilu 2024. 

Jenderal polisi bintang dua ini menegaskan bahwa pengamanan TPS merupakan hal yang sangat penting, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya dengan aman dan lancar.

Dikatakan Kapolda kegiatan simulasi ini dapat memberikan gambaran yang jelas kepada seluruh personel Polda Banten mengenai tugas dan tanggung jawabnya dalam pengamanan TPS.

"Pengamanan TPS harus dilakukan secara profesional dan humanis. Personel Polri yang terlibat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam pengamanan TPS," tegas Kapolda.

Dalam simulasi digambarkan berbagai skenario pengamanan TPS, mulai dari situasi yang aman hingga situasi yang anarkis. Personel Polda Banten yang terlibat simulasi tampak serius dan sigap dalam menjalankan tugasnya.

Abdul Karim menambahkan, bahwa dalam menghadapi proses tahapan Pemilu ini Polda Banten telah menyiapkan personel pengamanan untuk memberikan rasa aman dan kelancaran pada saat pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

Kapolda mengapresiasi kegiatan simulasi sebagai langkah proaktif dalam memastikan kelancaran proses Pemilu, mengingat pentingnya peran petugas pemilihan dan partisipasi masyarakat untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan proses demokrasi. 

"Kami dari Polda Banten telah menyiapkan personel yang nantinya bertugas mengawal dan mengamankan proses pendistribusian surat suara serta perlengkapan Pemilu sampai selesai pendistribusian ke TPS," tambahnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rahmat Haryono
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT