ADVERTISEMENT

KPK Bakal Panggil Tiga Capres Awal Tahun 2024

Jumat, 15 Desember 2023 16:25 WIB

Share
Debat Capres-cawapres. Ahmad Tri Hawaari
Debat Capres-cawapres. Ahmad Tri Hawaari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron memastikan pihaknya akan memanggil tiga calon presiden di Pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo awal Januari nanti. 

Menurut Ghufron ketiganya akan ditanya soal komitmennya memberantas korupsi di Tanah Air. Dimana forum tersebut nantinya akan membahas isu mengenai antikorupsi.

"akan ditanya soal komitmennya memberantas korupsi di Tanah Air,"ujar Ghufron dalam keterangannya, Jumat, (15/12/2023).

Ghufron mengatakan forum ini akan berbeda dengan debat. Para capres nantinya bisa menyampaikan visi dan misi terkait antikorupsi.

“Jadi KPK nanti untuk mengawal dan kemudian memastikan komitmen para capres pada agenda-agenda pemberantasan korupsi, KPK akan mengadakan momen sendiri. Bukan debat tapi,” tegasnya.

“Kami akan bikin momen bagaimana visi dan misi dia (capres) dalam perspektif untuk memberantas korupsi. Kami akan mengundang di sekitar awal ataupun pertengahan Januari,” sambung Ghufron.

Diberitakan sebelumnya, tiga capres di debat perdana sama-sama sepakat untuk memberantas korupsi. Capres nomor urut satu, Anies Baswedan menekankan pentingnya memberikan efek jera oleh koruptor.

Dia juga mengatakan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga bakal diperkuat. Kemudian memberi penghargaan bagi pihak-pihak yang melaporkan praktik rasuah.

“Sehingga ketika melaporkan, kita punya partisipasi masyarakat dan itu diperbolehkan undang-undang,” ujar Anies dalam debat tersebut.

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto bertekad akan memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya bersama cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka. Hal itu dilakukan demi rakyat Indonesia.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT