ADVERTISEMENT

Ditanya Soal Pengungsi Rohingya, Ini Jawaban Ganjar

Kamis, 7 Desember 2023 10:25 WIB

Share
Pengungsi Rohingya. (ist)
Pengungsi Rohingya. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -  Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mendukung apapun sikap pemerintah terkait pengungsi Rohingya yang sekarang berada di Aceh, Pulau Sumatera. 

Menurutnya, keputusan untuk menerima atau menolak sudah pasti sudah melalui proses penilaian yang matang. Pastinya, menurut dia, pemerintah banyak pertimbangan yang perlu dikaji, plus minusnya. 

“Saya berharap agar pemerintah dapat segera menyelesaikan masalah ini (pengungsi Rohingya, Red),”  dalam keterangannya, Kamis  (7/12/2023).

Ia memberikan dukungan kepada Mahfud MD, pasangannya sebagai cawapres merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), mampu menyelesaikan tugasnya menangani pengungsi Rohingya sebagaimana diperintahkan Presiden Jokowi. 

“Ya, sedang dilakukan assessment (penilaian) kan ya. Saya kira itu cara paling netral sebelum kita memutuskan iya atau tidak,” tegasnya. 

Situasi politik dunia hari ini begitu cepat mengalami perubahan. Mulai dari konflik Ukraina, persaingan ekonomi antara China dan Amerika Serikat, konflik Palestina, hingga pengungsi Rohingya setidaknya mengubah konstelasi dunia. 

Posisi Indonesia, lanjut Ganjar, menjadi tidak mudah menghadapi tantangan geopolitik hari ini dan mendatang. Oleh karena itu dibutuhkan pemikiran yang lebih kritis, lebih analitis untuk membaca perubahan-perubahan yang terjadi. 

“Kita butuh lebih kritis, kita butuh lebih analitis karena sangatlah penting, untuk membaca perubahan-perubahan lingkungan eksternal apalagi dunia yang saat ini berlangsung begitu cepat,” tambah Ganjar. 

Perlu merefleksikan kebebasan dalam menghadapi tantangan geopolitik,  bahwa politik kita, lanjut Ganjar, yang bebas aktif sekarang, betul-betul harus disesuaikan dengan kondisi kekinian. 

Dengan demikian kebebasan yang dianut bukan hanya kebebasan untuk tidak memihak, namun juga kebebasan di antara kita untuk mencari partner yang sama-sama menguntungkan dan saling menghormati. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT