ADVERTISEMENT

Bertemu Warga Papua, Capres Ganjar Janji Mudahkan Pendidikan dan Lapangan Kerja

Rabu, 22 November 2023 15:39 WIB

Share
Foto: Capres Ganjar Pranowo. (Dok. Poskota)
Foto: Capres Ganjar Pranowo. (Dok. Poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PAPUA, POSKOTA.CO.ID - Blusukan ke Papua Barat, Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo temui sekaligus sambung silahturahmi dengan masyarakat Sorong Raya.

Blusukan Ganjar di Papua ini dilakukannya pada Senin (20/11/2023) lalu itu, ia berkomitmen untuk membawa Papua ke arah yang lebih baik.

Ganjar menegaskan, Papua merupakan bagian integral dari Indonesia yang tidak bisa dipisahkan.

Oleh karena itu, kata Ganjar, Papua harus menjadi fokus utama dalam upaya pembangunan ke depan. Upaya pembangunan Papua tersebut juga tertuang dalam program Ganjar-Mahfud yang berada dalam dokumen Visi Misi Ganjar Mahfud soal Kebijakan Fiskal dan Pembangunan Asimetris untuk Papua.

“Mengurangi kesenjangan ekonomi-sosial karena perbedaan dalam pertumbuhan, pengembangan, dan akses terhadap sumber daya antar daerah melalui redistribusi sumber daya, investasi infrastruktur, insentif pajak, atau dukungan keuangan khusus untuk Papua dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, mengurangi kemiskinan, dan memperbaiki taraf hidup warga hingga yang paling membutuhkan,” dikutip dari dokumen Visi Misi Ganjar-Mahfud pada Rabu (22/11/2023).

Ganjar menyebut, telah banyak mendengar cerita tentang Papua, oleh karenanya, ia pun datang jauh-jauh ke ujung timur agar bisa mendengarkan langsung keluh-kesah masyarakat di Indonesia bagian timur ini.

"Kami berada di sini untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Kami ingin membuka telinga, mata, dan hati kami untuk memahami kondisi yang sedang dihadapi," ujar Ganjar.

Ganjar menjanjikan kepada masyarakat mengenai prioritas-prioritas pembangunan di Papua. Ini mencakup penyelesaian perumahan yang tidak layak huni (RTLH), perbaikan kemudahan dan infrastruktur pendidikan, serta penciptaan lapangan kerja.

"Kami telah menerima banyak masukan dari masyarakat, dan tentu saja, kami akan berkomunikasi dengan jaringan yang ada. Beberapa prioritas termasuk penyelesaian rumah tidak layak huni dan perbaikan sistem pendidikan. Beberapa lulusan mungkin menghadapi kendala dalam mendapatkan pekerjaan, oleh karena itu, mereka memerlukan pelatihan khusus.

Kami berkomitmen untuk membantu mengatasi permasalahan ini," ungkap Ganjar. Ganjar Puji Toleransi Beragama di Sorong.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar Pranowo mengapresiasi kerukunan antar-umat beragama di Sorong. Antara umat Muslim, Kristen, dan penganut agama lain hidup bersama harmonis dalam kerangka keberagaman Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini sungguh luar biasa yang ada di sini. Keberagaman ini adalah sesuatu yang nyata, kita melihatnya sendiri, mendengarnya sendiri, dan merasakannya sendiri. Saya percaya bahwa ini harus menjadi prioritas utama," ujarnya.

Ganjar Pranowo juga akan melanjutkan kunjungannya di daerah Papua dengan mengunjungi Jayapura demi mendengar dan menyerap lebih lagi aspirasi masyarakat di daerah tersebut.

Sementara itu, Kepala Suku Imekko Kota Sorong dan Sorong Raya, Ibrahim Wugaje, menyambut baik kunjungan Ganjar Pranowo di wilayahnya. Ia menyerahkan dokumen yang berisi pesan moral dan amanah dari masyarakat adat suku besar Imeko kepada Ganjar Pranowo.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak. Saya, sebagai perwakilan masyarakat Kokoda, memberikan dukungan kepada Bapak dalam Pemilihan Presiden yang akan datang," katanya. (Ril)

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT