ADVERTISEMENT

Tol Cijago Tersambung dengan Tol Jagorawi, Menteri PUPR: Kurangi Kepadatan Lalu Lintas

Senin, 20 November 2023 09:11 WIB

Share
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat memberikan keterangan. (biro pers)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat memberikan keterangan. (biro pers)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID - Proyek strategis nasional Jalan Tol Cinere - Jagorawi (Tol Cijago) sepanjang 14,64 km oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berhasil diselesaikan.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outee Ring Road/JORR) II menyambungkan Jalan Tol Jogorawi ke Cinere hingga Depok.

"Kehadian Tol Cijago dapat meningkatkan aksesibilitas seta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol dapat memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamana  perjalanan serta solusi mengurangi kepadatan lalu lintas," ujar Basuki dikutip, Minggu (19/11/2023).

Pengendara masuk dalam Tol Cijago, lanjut Basuki bagi yang mau menuju ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta) tanpa harus melalui Tol Dalam Kota atau arah ke Bogor  tidak perlu khawatir terpotong karena sekarang sudah terhubung langsung dengan Tol Jagorawi," ungkapnya.

 

Pembangunan Tol Cijago dilaksanakan Kementerian PUPR bersama BUJT PT Translingkar Kita Jaya secara bertahap dalam 3 seksi. Antara lain, Seksi 1 (Jagorawi–Raya Bogor) sepanjang 3,70 km (termasuk Junction Cimanggis) telah beroperasi sejak 2012.

Kemudian, Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) sepanjang 5,50 km telah beroperasi sejak November 2019. Lalu Seksi 3 yang terbagi menjadi 2, yakni 3A (Kukusan–Junction Krukut) sepanjang 3,50 km telah beroperasi akhir 2022.

Terakhir, Seksi 3B (Junction Krukut-Limo, Cinere) sepanjang 2,19 km telah lulus Uji Laik Fungsi dan mendapat Sertifikat Laik Operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga. 

 

Juga telah terbit SK penetapan operasi dari Menteri PUPR berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1402/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 B (Junction Krukut-Cinere) tertanggal 2 Oktober 2023.
 
Dengan selesainya konstruksi Tol Cijago Seksi 3 B,  seluruh ruas Tol Cinere-Jagorawi telah tersambung. Sehingga dapat melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (JORR-I) yang sudah operasional dan JORR-2 dengan terhubung pada beberapa ruas tol.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Angga Pahlevi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT