ADVERTISEMENT

Israel Jatuhkan Selembaran Minta Warga Khan Younis Mengungsi

Kamis, 16 November 2023 19:44 WIB

Share
Israel minta warga Khan Younis segera mengungsi (15/11/2023). (Foto: Reuters)
Israel minta warga Khan Younis segera mengungsi (15/11/2023). (Foto: Reuters)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID- Pasukan angkatan udara Israel dilaporkan telah menjatuhkan selembaran, yang meminta agar warga di wilayah timur Khan Younis, bagian Selatan Jalur Gaza segera mengungsi pada Kamis (16/11/2023) malam waktu setempat. 

Melansir Reuters, hal tersebut dilakukan Israel karena daerah tersebut mengindikasi terjadinya operasi militer yang akan segera terjadi di Jalur Gaza. 

“Demi keselamatan anda, anda perlu segera mengungsi dari tempat tinggal anda dan menuju ke tempat perlindungan yang diketahui. Siapapun yang berada di dekat teroris atau fasilitas mereka membahayakan nyawa mereka, dan setiap rumah yang digunakan oleh teroris akan menjadi sasaran,” bunyi selembaran tersebut.

Sekitar dua minggu lalu, pasukan Israel juga pernah menjatuhkan selembaran serupa, namun kali ini disusul dengan penembakan tank besar-besaran oleh Israel di wilayah timur.

Puluhan ribu warga Khan Younis di bagian Selatan Jalur Gaza pun terpaksa mengungsi dan mencari perlindungan ke sekolah atau tenda keselamatan, sehingga menyebabkan kepadatan penduduk yang parah serta kekurangan makanan dan air.

Tak hanya itu, selembaran tersebut juga digunakan Israel untuk membuat warga sipil di wilayah Gaza Utara meninggalkan rumah mereka. 

Sejauh ini, ada sekitar dua pertiga dari 2,3 juta penduduk di Jalur Gaza yang kehilangan tempat tinggal mereka akibat perang ini. 

Hal ini pun mengakibatkan tempat- tempat pengungsian yang tersedia di Khan Younis dan kota bagian Selatan menjadi penuh dengan pengungsi. 

Kepala hak asasi manusia PBB pun mengatakan, wabah penyakit menular dan kelaparan nampaknya tak dapat dihindari. Mengingat, kondisi kehidupan yang mengerikan dan intensitas kepadatan penduduk yang terjadi di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENT

Reporter: Ashley Angelina Kaesang
Editor: Ashley Angelina Kaesang
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT