ADVERTISEMENT

TNI Rotasi Sejumlah Perwira Tinggi, Letjen Cantiasa Jabat Wakil Kepala BIN

Senin, 13 November 2023 07:01 WIB

Share
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Rizal)
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda TNI Julius Widjojono menjelaskan, rotasi di tubuh TNI merupakan bentuk optimalisasi kinerja organisasinya.

Seperti diketahui, perubahan besar kembali terjadi di tubuh TNI. Melalui Surat Keputusan Panglima TNI Bernomor Kep/1286/XI/2023, Laksamana TNI Yudo Margono merotasi jabatan dan tugas 105 perwira tinggi (pati) TNI.

"Guna mengoptimalkan tugas-tugas pokok TNI, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono merotasi beberapa jabatan strategis di lingkungan TNI," ungkap Julius dalam keterangan resminya, Minggu, (12/11/2023).

Sebagian besar yang dirotasi merupakan perwira tinggi dari TNI-AD. Jumlahnya mencapai 56 orang. Sementara itu, perwira tinggi TNI-AL yang dirotasi penugasannya ada 37 orang dan TNI-AU 12 orang.

Di antara ratusan perwira tinggi tersebut, ada nama Letjen TNI I Nyoman Cantiasa. Jenderal bintang tiga TNI-AD itu sudah makan asam garam di berbagai penugasan. Saat ini dia bertugas sebagai koorsahli Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Setelah rotasi, jabatan barunya adalah wakil kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Sebelum menduduki posisi strategis di luar organisasi TNI itu, Letjen Cantiasa sempat mengisi pos-pos penting. Mulai komandan jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus), panglima Kodam XVIII/Kasuari, hingga panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III yang membawahkan komando utama dan satuan-satuan TNI di wilayah timur Indonesia.

Selain Letjen Cantiasa, jenderal bintang tiga AD lain yang juga mendapat penugasan baru adalah Letjen TNI Arif Rahman. Dia diberi amanat menjadi wakil KSAD. (Wanto)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT