Sama-sama Pelestari Budaya, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono Terima Kunjungan Jaya Suprana

Sabtu, 24 September 2022 18:47 WIB

Share
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat menerima Pendiri Museum MURI Jaya Suprana. (foto: Dispenal)
Kasal Laksamana TNI Yudo Margono saat menerima Pendiri Museum MURI Jaya Suprana. (foto: Dispenal)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima kunjungan Pendiri dan Ketua Umum Muri Prof. Dr. (HC) Jaya Suprana di Gedung Utama Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur, Kamis, (22/09).

Selama ini keduanya dikenal sama-sama tokoh pelestari budaya, tokoh yang  sangat konsen dalam melestarikan budaya Nusantara.

Kedatangan Jaya Suprana menemui Kasal untuk menyampaikan ucapan selamat atas penganugerahan 8 (delapan) rekor MURI dalam berbagai bidang kegiatan kepada TNI AL dalam kurun waktu 2 bulan yang tentunya diperoleh dengan kerja keras.

Disamping itu juga untuk menyampaikan apresiasi kepada Kasal atas kepeduliannya terhadap pelestarian budaya khususnya Wayang dan gamelan.

Memang selama ini,  Kasal yang dikenal sebagai Laksamana Budayawan tidak pernah berhenti menggaungkan kembali budaya-budaya lokal yang mulai tergerus oleh budaya-budaya asing akibat kemajuan teknologi. Kasal menegaskan, budaya harus dilestarikan karena itu merupakan identitas bangsa.  

Laksamana Yudo diberbagai momen pagelaran kesenian wayang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melestarikan budaya Indonesia salah satunya Wayang.

”Jangan sampai nanti kalau kita mau menonton Wayang kulit harus pergi ke Amerika, kita wajib melestarikan budaya asli Indonesia", katanya.

Sementara itu,  Jaya Suprana yang tergabung dalam Delegasi Laskar Indonesia Pusaka bersama Letjen TNI (Purn) Wijanarko, Mayjen TNI Mar (Purn) Gatot Triswanto, Aylawati Sarwono, Yessy Sutiyoso dan Kenthus Teguh Ampiranto,  mengapresiasi Laksamana Yudo sebagai Laksamana budayawan yang aktif menggelorakan seni wayang menjadi warisan leluhur yang harus dilestarikan.

Delegasi Laskar Indonesia Pusaka pun mendapat amanat untuk terus melestarikan budaya. Laksamana Yudo bahkan terus memberikan semangat Laskar Indonesia Pusaka dan seluruh insan kesenian wayang yang kemarin sempat vakum akibat pandemi selama 2 tahun, untuk bangkit, berkarya membuat pagelaran kembali. (*/win)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar