ADVERTISEMENT

Tetap Sehat saat Makan Nasi Padang, Bisakah? Begini Penjelasannya

Jumat, 20 Oktober 2023 13:30 WIB

Share
Nasi padang sehat (Ist)
Nasi padang sehat (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Siapa yang tidak menyukai nasi padang? Makanan khas Indonesia ini merupakan menu yang paling digemari dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Adapun, nasi padang juga kerap menjadi makanan pantangan yang dihindari oleh para pejuang diet. Bukan tanpa alasan, hal ini disebabkan nasi padang disebut memiliki kalori yang tinggi.

Namun, pertanyaan bisakah tetap sehat meskipun mengonsumsi nasi padang kini tengah banyak diajukan oleh masyarakat luas. Sebab, dibalik kenikmatannya, nasi padang mengandung kalori tinggi yang melebihi rata-rata kebutuhan perharinya.

Fakta tersebut menjadikan beberapa orang ragu mengonsumsi nasi padang, terlepas dari lezatnya menu yang disajikan. 

Oleh karena itu, kali ini POSKOTA akan mengulas secara singkat seputar hubungan nasi padang dengan kesehatan tubuh manusia. Bagaimana penjelasannya? Simak dan perhatikan bersama.

Nutrisi nasi padang

Seperti yang telah disebutkan, nasi padang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Adapun sebenarnya hal tersebut tergantung pada menu makanan yang dipilih.

Nasi padang sendiri biasanya identik dengan menu andalannya yakni Rendang. Mengambil contoh dari menu tersebut, satu bungkus nasi padang rendang yang dilengkapi dengan sayur nangka kuah santan, sambal hijau, sampai daun singkong rebus memiliki jumlah kalori kurang lebih 664 kalori.

Berdasarkan menu itu, penyumpang kalori terbesar datang dari protein dan karbohidrat yang masing-masing 70 gram dan lemak sampai 15 gram.

Lemak yang terkandung dalam rendang dan sayur kuah nangka yakni lemak jahat. Yang mana jika sering dipanaskan, maka akan semakin tinggi pula lemaknya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT