ADVERTISEMENT

Gelar Apel Operasi Mantap Brata, Kapolda Banten Pastikan Kesiapan Personel dan Sarpras

Selasa, 17 Oktober 2023 14:20 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka pengamanan Pemilu  2024, Polda Banten melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Maung 2023-2024 di lapangan Mapolda Banten pada Selasa (17/10/2023).

Apel gelar pasukan dipimpin Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugraha serta Pj Gubernur Banten Al-Muktabar, Wakil DPRD Banten Fahmi Hakim, Ketua KPU Banten Muhammad Ihsan, Ketua Bawaslu Banten Ali Faisal, Dan Grup 1 Kopassus Letkol Inf Romel Jangga, Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Nopriadi serta unsur forkopimda Banten.

"Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar," kata Kapolda.

Jenderal bintang dua itupun menjelaskan Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

"Sesuai dengan penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena pesta Demokrasi terbesar secara serentak dalam tahun yang sama. Hal ini merupakan pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan negara," jelasnya.

Mantan Kadiv Hukum Polri mengatakan kegiatan ini perlu dukungan dari pihak lainnya agar Pemilu mendatang terselenggara dengan baik. 

"Guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Kementerian, Instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024," tutur Rudy Heriyanto.

Dikatakan Kapolda, Operasi Mantap Brata ini dilaksanakan serentak selama 222 hari dan dilaksanakan mulai 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu.

"Polri telah membentuk pola sistem pengamanan kewilayahan atau zonasi bagi Korbrimob Polri dan Dalmas Nusantara, Polri juga menyiapkan 2000 personel Brimob Power On Hand Kapolri serta 8.500 personel Dalmas Nusantara yang siap di mobilisasi," tambahnya.

Kapolda juga menjelaskan sebagai dukungan Operasi Mantap Brata Polri menggelar Operasi Cooling System. "Operasi Nusantara Cooling System ini untuk membangun narasi besar persatuan dan kesatuan serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok guna mengantisipasi polarisasi berita Hoax, SARA, Propaganda dan lain-lain," jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rahmat Haryono
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT