ADVERTISEMENT

Prabowo Mayoritas Masih Kantongi Dukungan dari Pemilih PKB

Selasa, 3 Oktober 2023 12:31 WIB

Share
Potret Capres Prabowo Subianto (instagram/prabowo)
Potret Capres Prabowo Subianto (instagram/prabowo)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto masih mengantongi mayoritas dukungan dari pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berdasarkan hasil survei terbaru yang dikeluarkan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada periode 4 – 12 September 2023. Prabowo unggul dari Capres PDIP Ganjar Pranowo dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dalam hal perebutan suara dukungan pemilih PKB. 

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengungkapkan Prabowo masih menjadi primadona bagi para pemilih PKB. Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA tersebut, Prabowo mengantongi dukungan sebesar 41,4 persen, disusul Ganjar dengan 36,2 persen dan Anies 21,3 persen. 

“Prabowo unggul di Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, PKB,” kata Adjie dalam keterangannya, Senin (2/10). 

Lalu, adapun Ganjar banyak mendapatkan dukungan dari partai yang mengusungnya yakni PDIP dan PPP. Kemudian, meski PKB sudah memutuskan bergabung dengan Anies, para pemilihnya cenderung masih setia mendukung Prabowo. 

Para pemilih PKB mayoritas masih mendukung Prabowo dengan dukungan sebanyak 41,4 persen. Adapun Anies di survei LSI Denny JA tersebut, hanya mendapatkan dukungan penuh dari para pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan NasDem. 

Sementara itu, dari sisi elektabilitas tiga nama Capres di survei yang sama, Prabowo masih terlalu kuat bagi Ganjar dan Anies. Di survei LSI Denny JA tersebut, Prabowo berhasil menempati urutan pertama disusul Ganjar dan Anies. 

Di dalam survei tersebut, Prabowo masih berada di urutan pertama dengan 39,8 persen. Adapun Ganjar ada di posisi kedua dengan 37,9 persen dan Anies yang ada di peringkat ketiga dengan jumlah dukungan sebesar 14,5 persen. 

“Jawabannya Pak Prabowo masih perkasa di urutan pertama di angka 39,8%, kemudian disusul Pak Ganjar Pranowo capres dari PDIP dengan angka 37,9%, kita lihat ini selisih tipis ya, tidak terlalu signifikan perbedaannya tapi angka absolut Pak Prabowo masih di atas Pak Ganjar, Pak Anies sendiri di angka 14,5%,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT