ADVERTISEMENT

Imigrasi Bandara Soetta Tiru Layanan Keimigrasian di Qatar 

Selasa, 3 Oktober 2023 11:27 WIB

Share
Layanan keimigrasian Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto/ist)
Layanan keimigrasian Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG,  POSKOTA.CO.ID – Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, meniru layanan keimigrasian yang ada di UEA (Unit Emirate Arab), khususnya Qatar.

Dimana, kantor keimigrasian tersebut kembali menambah dan meningkatkan sistem layanan auto gate yang dipasang di area kedatangan internasional Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim mengatakan, auto gate yang hadir di Bandara Soetta sama dengan yang ada di Doha Qatar Airport.

"Layanan ini kita adopsi atau tiru dari Qatar, karena utamanya ketika piala dunia digunakan di airport bisa melayani penumpang sampai puluhan ribu per hari. Ini sekarang ada di Soetta, yang mampu melayanai dengan waktu 20 detik untuk satu orang," katanya, Selasa (3/10).

Terlebih, penambahan dan peningkatan layanan sistem yang diadopsi dari UA ini, dilakukan lantaran melihat adanya peningkatan pergerakan penumpang yang tiba dari penerbangan internasional ke Bandara Soetta, Tangerang.

"Melihat peningkatan penumpang yang ada, makanya kami tambah dan upgrade sistemnya menjadi lebih baik khususnya di kedatangan. Dimana, kita pasang 24 auto gate dengan sistem sebelumnya sidik jari menjadi face recognition," ujarnya.

Dengan face recognition itu, Silmy mengklaim bila tidak ada lagi kekeliruan bila ditemukan adanya penumpang yang memiliki nama atau tangga lahir yang sama.

"Ini kan sistemnya biometrik wajah. Jadi, walaupun nama sampai tanggal lahirnya sama, ya tidak akan salah," ungkapnya. 

Meakipun mengadopsi layanan layaknya di UEA dan Singapura, ia menegaskam bila masih adanya kesalahan dalam sistem tersebut. Seperti tidak terbaca atau terdeteksi saat melakukan pelacakan dokumen keimigrasian.

"Jadi, kesalahan tentu ada, tapi dibawah 5 persen. Yang mana kita sudah antisipasi, dengan tetap menghadirkan layanan manual," pungkasnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT