ADVERTISEMENT

Tokoh Masyarakat Serahkan Dua Satwa Langka ke BBKSDA Jawa Barat

Senin, 2 Oktober 2023 16:13 WIB

Share
Muhamad Sayegi atau Dewa (kedua kanan), tokoh masyarakat Karawang menyerahkan dua satwa langka Sanggabuana ke BBKSDA Jawa Barat.(Ist)
Muhamad Sayegi atau Dewa (kedua kanan), tokoh masyarakat Karawang menyerahkan dua satwa langka Sanggabuana ke BBKSDA Jawa Barat.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KARAWANG, POSKOTA.CO.ID –  Kampanye Pegunungan Sanggabuana Menuju Taman Nasional dan juga edukasi oleh para Ranger Sanggabuana sejak tahun 2020 mulai membuahkan hasil.

Sejak tahun 2021 masyarakat di sekitaran Pegunungan Sanggabuana mulai banyak yang berhenti berburu dan menyerahkan koleksi satwa langka yang dilindungi dari Sanggabuana.

Pada Sabtu, 30 September 2023 diprakarsai oleh Muhamad Sayegi yang biasa disapa Dewa, memfasilitasi penyerahan sukarela satwa dilindungi dari masyarakat sekitaran Sanggabuana.

Dewa yang juga ketua umum GMPI (Gerakan Militansi Pejuang Indonesia) mengarahkan masyarakat di Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru, Karawang yang kedapatan memiliki 1 ekor anak julang emas (Rhyticeros undulatus) dan landak jawa (Hystrix javanica) hasil tangkapan masyarakat.

Dua ekor satwa dilindungi dari Pegunungan Sanggabuana ini oleh Dewa diserahkan kepada personil Sanggabuana Wildlife Ranger (SWR) yang didampingi oleh dua orang Kader Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, dan Kiki Bayhaki Kasi Trantib Kecamatan Tegalwaru untuk diserahkan ke BBKSDA Jawa Barat, Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 4 Purwakarta.

Dewa ditemui di Mekarbuana mengatakan bahwa, dirinya sudah berkoordinasi dengan Ranger SCF untuk dibantu penyerahan ke BBKSDA Jawa Barat, hanya saja untuk penyerahan harus menunggu hari kerja.

“Tapi masyarakat yang sudah saya diedukasi akhirnya mau menyerahkan hari ini (Sabtu) jadi sementara kita titipkan ke Ranger SCF yang kebetulan beberapa personilnya merupakan Kader Konservasi dari BBKSDA Jawa Barat. Senin nanti akan langsung dikirim ke BBKSDA," kata Dewa.

Solihin Fu’adi Direktur Eskekutif Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) menyambut baik penyerahan sukarela dua ekor satwa dilindungi ini. Pihak SCF menurut Solihin juga sudah berkoordinasi dengan BBKSDA SKW 4 sebelum penyerahan sukarela ini.

“Hanya saja karena masyarakat kemudian langsung menyerahkan hari ini, jadi kita didampingi oleh dua orang personil Ranger yang juga merupakan Kader Konservasi.” Terang Solihin.

Lebih lanjut Solihin selain menyambut baik penyerahan sukarela satwa ini dan berterimakasih kepada tokoh masyarakat seperti Dewa yang mau ikut mengedukasi masyarakat tentang konservasi di Sanggabyana. Namun Solihin juga kecewa karena dengan adanya penyerahan sukarela ini berarti masih banyak masyarakat yang berburu satwa langka di Sanggabuana.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT