Fahri Hamzah: Pangkas Waktu Pendaftaran Capres Bisa Kurangi Intrik Politik

Senin, 11 September 2023 22:08 WIB

Share
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora Fahri Hamzah. (ist)
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora Fahri Hamzah. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora Fahri Hamzah mendukung usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan memajukan jadwal pendaftaran pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

KPU mengusulkan jadwal pendaftaran capres-cawapres dilaksanakan sembilan hari lebih awal, yaitu dari 19 November 2023 menjadi 10 November 2023.

"Itu berita baik karena seharusnya memang kebisingan para capres itu harus dihentikan, dengan masuk kepada prosedur penjadwalan yang lebih riil," kata Fahri melalui keterangan resminya, Senin, (11/9/2023).

Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019 mengaku jenuh dengan kebisingan politik di tingkat elit yang selama ini dilakukan para capres.

Menurut Fahri, kalau masa pendaftaran capres-cawapres tersisa satu bulan lagi, maka waktu yang semakin sempit itu mampu mengakselerasi konstelasi politik agar segera menuju ranah politik gagasan.

"Kebisingan politik di tingkat elit ini dipicu oleh 'kontestasi perasaan'. Itu karena para elit saling menyalahkan, menuduh satu sama lain, dan memantik SARA," ujarnya.

Ia menilai “penawar” dari atmosfer politik seperti itu adalah dialog dan debat berbasis gagasan. "Kalau seseorang mau jadi pemimpin, maka harus menjelaskan apa yang mau dia bawa sebagai pemimpin," katanya.

Selain itu, Fahri juga menyarankan agar jadwal pendaftaran calon anggota legislatif juga dimajukan, bukan berakhir pada 3 November 2023.

"Kami juga mendorong KPU agar menjadwalkan hal yang sama untuk calon anggota DPR RI, DPD RI, dan juga DPRD provinsi serta kabupaten/kota. Hal itu agar kontestasi gagasan di antara kandidat lebih diutamakan daripada kontestasi perasaan yang selama ini muncul," katanya.

Sebelumnya, KPU mengusulkan memajukan masa pendaftaran capres-cawapres yaitu pada 10-16 Oktober 2023. Padahal dalam aturan sebelumnya, pendaftaran capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 dijadwalkan pada 19 Oktober-25 November 2023.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar