ADVERTISEMENT

Spoiler Belakang Serat Karbon Liar Toyota GR86 Memulai Debutnya di Jepang

Minggu, 10 September 2023 15:03 WIB

Share
Toyota GR86 debut di Jepang (lst)
Toyota GR86 debut di Jepang (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Divisi suku cadang raksasa mobil Jepang, yakni Toyota telah memperluas jangkauan modifikasinya pada sports coupe Toyota GR86, termasuk spoiler belakang leher angsa dengan serat karbon tebal yang berdampak nyata pada performa.

Di Jepang, Toyota telah menawarkan serangkaian peningkatan aerodinamis yang dikembangkan secara internal untuk GR86 di pasar domestik, termasuk bumper depan yang lebih ramping, side skirt yang lebih sporty, dan beberapa opsi spoiler di belakang.

Kini rangkaian produk telah diperluas dengan spoiler belakang 'gooseneck' dengan harga 517.000 yen atau sekitar Rp, yang direkomendasikan sebagai tambahan untuk peningkatan lainnya dan telah terbukti meningkatkan downforce di lintasan, bukan hanya untuk pertunjukan.

Tidak seperti spatbor belakang konvensional pada model performa, di mana penyangga dipasang ke kendaraan pada permukaan horizontal bagasi, winglet GR86 menggunakan penyangga aluminium 'gooseneck' yang dipasang pada permukaan vertikal tutup bagasi.

Spoiler belakang lainnya terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon, bahan ringan dan kuat yang pernah digunakan pada kendaraan Toyota, seperti atap hot hatchback GR Yaris. 

Toyota mengatakan bentuk sayap ditentukan menggunakan simulasi aerodinamika komputer yang dikenal sebagai komputasi dinamika fluida (CFD), yang digunakan untuk mengoptimalkan gaya tekan ke bawah tanpa dampak signifikan akibat gaya tekan ke bawah.

Hal tersebut dapat disesuaikan dalam tiga tahap terpisah tergantung pada gaya mengemudi dan kondisi jalan, seperti 0 derajat, 1,25 derajat, dan 2,5 derajat. Toyota mengatakan spoiler meningkatkan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan saat menikung.

Merek Jepang ini merekomendasikan pemasangan sayap belakang dengan paket  GR aero dari perusahaan yang dimulai dari 362.000 yen atau Rp untuk mencegah aerodinamis mobil bergeser ke belakang.

Seluruh bagian berlaku pada Toyota GR86 yang dibekali mesin empat silinder 2.4 liter natural aspirated yang menghasilkan tenaga 174kW dan 250Nm. Namun sayangnya bagi pemilik GR86 Australia, part ini eksklusif untuk Jepang.

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT