ADVERTISEMENT

Toyota Sienta Generasi Ketiga Debut di Jepang, Penjualan di Pasar Thailand Ditiadakan?

Selasa, 5 September 2023 11:25 WIB

Share
Debut Toyota Sienta generasi ketiga di Jepang (lst)
Debut Toyota Sienta generasi ketiga di Jepang (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Majalah Headlight baru-baru ini melaporkan bahwa mobil Toyota Sienta generasi kedua mulai dijual di Thailand dan telah dihapus dari laman resmi Toyota Motor Thailand pada akhir bulan lalu, tujuh tahun setelah MPV 7 kursi itu mulai dijual di negara tersebut pada tahun 2016 lalu.

Sienta generasi kedua tersebut diketahui pertama kali ditampilkan di Indonesia pada ajang pameran Indonesia International Motor Show 2016 dan mulai dipasarkan di Malaysia pada bulan Agustus di tahun yang sama, yakni 2016.

Diketahui, varian dari kendaraan Toyota Sienta generasi kedua sendiri dibangun di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Factory II di Karawang, Jawa Barat.

Respon para pelanggan terhadap mobil Toyota Sienta di Thailand pasca peluncurannya telah menghasilkan penjualan kumulatif sebanyak 2.356 unit pada September hingga Desember 2016, melampaui penjualan Honda Mobilio dan Honda BR-V di pasaran saat itu.

Pembaruan untuk pasar MPV ASEAN akan dilakukan pada bulan Agustus 2019, yang membawa sedikit perubahan pada tampilan unik Sienta, serta mempertahankan tata letak dasbor namun dengan jok yang diperbarui.

Di negara Malaysia, Sienta diperbarui pada Maret 2018 dan dilanjutkan dengan versi tunggal 1.5V, mentiadakan varian 1.5G. Powertrainnya juga berasal dari mesin bensin 2NR-FE 1,5 liter 4 silinder yang bertenaga 107 PS/140 Nm.

Di negara asalnya, Jepang, Sienta generasi ketiga memulai debutnya pada Agustus lalu, dan mobil MVP tersebut kali kini hadir dengan menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) versi GA-B. Konfigurasi lima dan tujuh kursi ditawarkan untuk Sienta generasi ketiga di Jepang.  

Model Toyota Sienta saat ini sebagian besar terlihat mempertahankan dimensi pendahulunya, yang memiliki panjang 4260mm, lebar 1695mm dengan jarak sumbu roda 2750mm, meskipun tinggi keseluruhannya lebih tinggi, yakni menjadi 20mm, yang menambah ukuran kabin sebesar 20mm.

Torsi depan dan belakang 1.000 mm (meningkat 80 mm) menambah kenyamanan baris kedua, sedangkan pintu geser yang dapat diatur dayanya memiliki tinggi bukaan 1.200 mm, lebih tinggi 60 mm dari sebelumnya.

Dari segi mesin, Sienta generasi ketiga untuk pasar Jepang dibekali dengan mesin bensin 1,5 liter M15A-FKS 3 silinder yang disedot secara alami dari  powertrain Dynamic Force milik pabrikan mobil tersebut, yang berkapasitas 120 tenaga kuda dan torsi 145 Nm di roda depan melalui transmisi CVT. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT