ADVERTISEMENT

Muda-mudi Indonesia Keturunan Prancis Jadi Pasukan Pengibar Bendera di Paris

Selasa, 22 Agustus 2023 17:30 WIB

Share
Upacara peringatan HUT ke-78 RI di Paris. (Ist)
Upacara peringatan HUT ke-78 RI di Paris. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Florenzo CintaKami Richard (14) dan Floressa CintaKita Richard (17), dua pemuda Indonesia keturunan Prancis ikut menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera merah putih di Paris pada peringatan hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia.

Mereka bangga menjadi putra dan putri Indonesia meskipun dengan kemampuan bahasa Indonesia yang terbatas.

Dua kakak-beradik ini adalah anak dari warga Prancis Franck Richard dan Ibu Amerta Indraswari, WNI yang telah lama menetap di Prancis.

Keduanya dengan semangat cinta tanah air yang tinggi telah berlatih setiap hari selama satu bulan penuh sebagai bagian dari pasukan pengibar bendera merah putih untuk KBRI Paris, di bawah binaan Asisten Atase Pertahanan KBRI Paris, Mayor Arh Nugroho Budi Prasetyo, SAP.

"Setelah pandemi Covid-19, KBRI Paris terus berupaya mendorong kedekatan diaspora Indonesia terhadap tanah air melalui berbagai kegiatan kemasyarakatan termasuk melibatkan warga keturunan Indonesia dalam penyelenggaraan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar dalam keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023).

Pada tanggal 16 Agustus 2023, Dubes Oemar telah mengukuhkan Paskibra KBRI Paris yang terdiri dari 11 orang pelajar Indonesia di Prancis, termasuk Florenzo dan Floressa.

Upacara HUT RI telah diselenggarakan dengan khidmat di halaman Wisma Duta Besar RI Paris pada tanggal 17 Agustus 2023, dan dihadiri oleh sedikitnya 600 orang masyarakat dan diaspora Indonesia dari seluruh Prancis.

Dubes RI Paris bertindak sebagai inspektur upacara HUT RI yang dipimpin oleh Atase Udara KBRI Paris, Kol. Pnb. Nur Alimi.

Peserta upacara hadir mengenakan pakaian daerah nusantara ikut menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan lagu-lagu daerah yang dibawakan oleh grup vokal Voice of Indonesia Power dan 4 bintang cilik binaan pelatih vokal Ibu Pipit Puspita Wardhani Adjie.

Upacara ini menandai puncak peringatan hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia di Paris, yang dilanjutkan dengan aneka hiburan seperti parade anak Indonesia berpakaian daerah, pemotongan kue lemper 'Pemersatu Bangsa' serta penampilan band lagu-lagu Indonesia oleh masyarakat dan diaspora Indonesia di Prancis.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT