Tilang Manual Kembali Diterapkan, Polda Metro: Bukan untuk Menyulitkan Pengguna Jalan
Sabtu, 10 Juni 2023 16:08 WIB
Share
Polda Metro Jaya kembali menerapkan tilang manual, dikarenakan pelanggaran marak. (dok poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya menyebut tilang manual yang kembali dilakukan di seluruh ruas jalan bukan untuk menyulitkan pengguna jalan.

Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Kombes Usman Latif mengatakan, tilang manual yang diberlakukan di seluruh ruas jalan semata-mata untuk mengingatkan pengguna jalan.

"Ini perlu dipahami, sehingga masyarakat betul jangan takut ada polisi, justru polisi akan membantu rekan-rekan. Jadi kami melakukan tindakan itu bukan untuk menyulitkan para pengguna jalan, tapi untuk mengingatkan untuk menjaga keselamatan mereka," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (10/6/2023).

Latif menegaskan, diberlakukannya kembali tilang manual bukan sekedar hanya bentuk penindakan. Tetapi juga untuk mengedukasi masyarakat terkait aturan berlalulintas.

 

Meski demikian, ia menyebut jika penindakan kepada pelanggar lalulintas tetap berlaku. Petugas akan menindak pelanggar sekaligus memberikan imbauan.

"Tapi sebetulnya memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa seluruh ruas jalan ini sudah ada petugas, yang pasti apabila melihat pelanggaran pasti akan dilakukan penindakan," katanya.

"Penindakan ini tidak konotasinya harus dengan tilang, ada tahapannya, semua kegiatan kepolisian yang mengingatkan kepada pelanggar, itu adalah suatu tindakan," tambah Usman. (Pandi)
 

Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -