ADVERTISEMENT

Megawati Putuskan Sendiri Cawapres Ganjar, Jamiluddin Ritonga: Wajar Karena Penuhi PT 20 Persen

Sabtu, 10 Juni 2023 09:42 WIB

Share
M. Jamiluddin Ritonga. (ist)
M. Jamiluddin Ritonga. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat komumikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga mengatakan wajar jika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menentukan sendiri pendamping Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024, tanpa harus didukung partai politik lain. Hal tersebut lantaran PDIP memenuhi Presidential threshold (PT) atau ambang batas pencalonan presiden yang ditetapkan.

"Keinginan Megawati itu tentu wajar karena partainya memenuhi PT 20 persen. Megawati ingin mandiri menentukan pendamping Ganjar, tanpa cawe-cawe Joko Widodo dan partai pendukung lainnya " kata Jamiluddin, Sabtu (10/6/2023).

Meski begitu, menurutnya putusan Megawati itu jelas mengabaikan partai lain yang telah menyatakan mendukung Ganjar sebagai capres. Setidaknya PPP, Hanura, dan Perindo dianggap hanya penggembira saja.

"Tiga partai itu kesannya tidak diberi hak suara untuk menentukan cawapresnya Ganjar. Karena itu, tidak ada kesetaraan antara PDIP dengan PPP, Hanura, dan Perindo," ucapnya.

Hal itu tentu mengesankan, tiga partai tersebut tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan strategis. PPP, Hanura, dan Perindo hanya dimanfaatkan untuk menambah suara. 

"Kesan itu tentu dapat merendahkan marwah tiga partai tersebut. Mereka dinilai rendah karena mau dijadikan mesin politik untuk memenangkan Ganjar semata. Hal itu tentu tamparan bagi kader tiga partai tersebut," tutup Jamiluddin Ritonga. (rizal)

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT