ADVERTISEMENT

Mesin Pengolahan Umbi Porang Bersertifikat Standar Ekspor Satu-satunya di Pandeglang

Sabtu, 3 Juni 2023 11:27 WIB

Share
Foto: Para ahli saat pengujian produksi pengolahan umbi porang di SIKM Porang Pandeglang. (Poskota/Samsul Fathony)
Foto: Para ahli saat pengujian produksi pengolahan umbi porang di SIKM Porang Pandeglang. (Poskota/Samsul Fathony)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Para ahli baik ahli mesin maupun pangan yang diturunkan dari Bandung, telah melakukan pengujian terhadap standarisasi mesin pengolahan umbi porang di Sentra Industri Kecil Menengah (SIKM) Porang di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Saat melakukan pengujian, para ahli tersebut menyebut jika mesin pengolahan umbi porang di Pandeglang, adalah satu-satunya mesin di Indonesia yang sudah bersertifikat standar ekspor Selain itu, hasil produksi umbi porang nampak secara kasat mata sudah sesuai di pasaran domestik. Namun, untuk lebih memastikan standar ekspor itu harus melalui uji lab terlebih dahulu.

Seperti yang disampaikan oleh ahli mesin pengolahan umbi porang asal Bandung, Dili Indra mengungkapkan, jika mesin pengolahan umbi porang di Pandeglang ini, satu-satunya di Indonesia yang sudah standar ekspor.

Karena menurutnya, mesin ini sudah bersertifikat ISO dan sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points). "Jadi mesin pengolahan porang di SIKM Pandeglang ini sudah sangat layak dan berstandar ekspor," ungkap Dili Sabtu (3/6/2023).

Mesin pada pabrik pengolahan porang ini kata dia, bisa menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

"Jadi Pandeglang ini sudah punya pabrikasi pengolahan umbi porang skala nasional. Maka dari hasil uji kelayakan bahwa menurut kami ini sudah sangat layak, dan mesin ini tidak ada masalah," katanya.

Saat ini lanjut dia, dalam pengujian mesin tersebut, pihaknya sedang mencari formulasi untuk mendapatkan hasil pengolahan umbi porang yang baik, yakni pada tempratur berapa dan seberapa lama pada proses pengeringannya.

"Kami juga pastikan kembali jika tidak ada masalah dalam mesin, dan Pandeglang beruntung punya pabrikasi pengolahan porang yang berstandar ekspor," ujarnya.

Sementara, ahli pangan pengolahan umbi porang, Riza Trihaditia menjelaskan, bahwa mesin pengolahan porang ini sudah HASSP (Hazard Analysis and Critical Control Points).

Dari hasil pendampingan terhadap tenaga produksi pengolahan umbi porang ini lanjut dia, secara fisik yang dilihat hasilnya bagus dan hampir sama dengan yang dijual di marketplace.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT