ADVERTISEMENT

Sukses Gelar 'Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023', Sandiaga Uno Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif Nasional

Minggu, 28 Mei 2023 05:31 WIB

Share
Sandiaga Uno di perhelatan Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023.(Ist)
Sandiaga Uno di perhelatan Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sukses menggelar acara Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023 pada 19 hingga 21 Mei lalu.

Acara yang diselenggarakan di Kota Semarang ini merupakan gelaran pertama dari kegiatan Semarak Jejakk Kreatif Indonesia nan rencananya akan diadakan setiap tahun.

Perhelatan akbar ini merupakan aktivasi dan puncak kegiatan dari Program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia.

Kegiatan ini dirancang untuk mendorong inisiatif dari setiap kabupaten/kota yang sudah mengikuti Penilaian Mandiri KaTa Kreatif Indonesia dalam mengadakan kegiatan bersama sebagai wujud komitmen berjejaring dalam skala nasional dan membentuk ekosistem ekonomi kreatif nasional.

Kesuksesan acara Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023 ini dapat terjadi karena adanya kolaborasi yang baik, antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang.

Pada kesempatan ini Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi 109 kabupaten/kota yang tergabung dalam ekosistem KaTa Kreatif.

“Saya memberikan apresiasi kepada 109 Kabupaten/Kota yang tergabung dalam ekosistem KaTa Kreatif. Semoga kegiatan ini dapat menjadi peluang untuk mengembangkan simpul Kabupaten/Kota Kreatif berdasarkan subsektor unggulan guna memperkuat rantai nilai ekonomi kreatif, dimulai dari kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, hingga konservasi,” kata Sandiaga Uno.

Sampai dengan saat ini, tercatat ada 10.213 pelaku ekonomi kreatif dari 109 kabupaten/kota ekosistem KaTa Kreatif. Pelaku-pelaku ekonomi kreatif tersebut berkesempatan mengikuti tahapan lanjutan dalam aktivitas Pengembangan KaTa Kreatif.

“Aktivitas Pengembangan KaTa Kreatif sebaiknya diikuti oleh para pelaku ekonomi kreatif, karena untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahawan, sehingga nantinya dapat menciptakan minimal 100 orang pelaku ekonomi kreatif per kabupaten/kota yang bisa menjadi local champion di daerahnya,” sambung Sandiaga Uno.

Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023 ini sukses diadakan secara daring dan luring serta semakin meriah karena memiliki serangkaian acara menarik seperti Semarang Night Carnival, Pagelaran Orkestra dan Seni Pertunjukan, Fashion Show, Forum Diskusi KaTa Kreatif Indonesia, Screening Film, Bazaar dan Pameran Produk Ekonomi Kreatif dari Kata Kreatif, serta Workshop Ekonomi Kreatif.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT