ADVERTISEMENT

Sosok Cawapres Ridwan Kamil Elektabilitas Lebih Tinggi Daripada Sandiaga Uno

Senin, 1 Mei 2023 17:47 WIB

Share
Kolase Sosok Cawapres Elektabilitas Tinggi Ridwan Kamil menyalip Sandiaga Uno. (Ist.)
Kolase Sosok Cawapres Elektabilitas Tinggi Ridwan Kamil menyalip Sandiaga Uno. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjadi sosok calon wakil presiden (cawapres) dengan elektabilitas tertinggi dibandingkan yang lainnya.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, Sosok Cawapres mendapat dukungan sebanyak 17,3 persen.

”Peringkat pertama masih ditempati Ridwan Kamil,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam keterangannya sosok Cawapres, Senin, (1/5/2023).

Elektabilitas sosok cawapres yang kerap disapa Kang Emil itu melebihi Menparekraf Sandiaga Uno dengan 14,2 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 12,4 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir di angka 12,2 persen.

Selain itu, dari berbagai simulasi survei Calon Presiden, nama Ridwan Kamil juga menjadi sosok yang namanya selalu muncul di bawah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Sosok cawapres, lanjut Burhanuddin, merupakan salah satu faktor penentu untuk mendongkrak elektabilitas para capres saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebab, berdasarkan hasil survei elektabilitas tiga capres saat ini belum menembus angka elektoral hingga mencapai 50 persen.

"Karena tadi saya jelaskan tidak ada perbedaan kuat antar capres, maksimal 34 persen dalam simulasi tiga nama artinya jauh untuk mencapai 50 persen, maka cawapres menjadi penting," katanya.

Sebagai informasi, survei dilakukan pada 11 hingga 17 April 2023. Metode yang digunakan simple random sampling dengan ukuran sampel 1.220 responden dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekira 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check) tentang sosok cawapres 2024. Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan yang berarti. (Wanto)

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT