ADVERTISEMENT

Aparat Berjaga di Tengah Perayaan Paskah Yahudi dan Ramadan

Senin, 10 April 2023 14:00 WIB

Share
Masjid Al Aqsa
Masjid Al Aqsa

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

POSKOTA.CO.ID - Ketegangan terjadi kompleks Masjid Al Aqsa Yerusalem.

Umat Islam melangsungkan sembahyang subuh pada Minggu pagi (9/4/2023) ketika pada saat yang sama sejumlah pemeluk Yahudi mengunjungi lokasi tersebut untuk merayakan Paskah.

Warga Yahudi tidak diizinkan berdoa di bawah pengaturan “status quo”. Tetapi mereka terus melangkah melalui kompleks yang dalam agama Yahudi dikenal sebagai Bukit Suci.

Sementara “Allahu Akbar” dipekikkan umat Islam.

Polisi Israel memisahkan kedua kelompok tersebut.

Warga non Muslim diizinkan mengunjungi kompleks tersebut berdasarkan pengaturan “status quo” yang dikenal sejak lama. Tetapi hanya warga Muslim yang diizinkan beribadah di Masjid Al Aqsa.

Pengaturan “status quo” antara partai politik sekuler dan partai politik keagamaan menyepakati untuk tidak mengubah tatanan komunal terkait urusan agama.

Sementara kompleks Masjid Al Aqsa kembali menarik perhatian luas.

Peristiwa ini terjadi usai polisi Israel menggerebek masjid tersebut pada Rabu dini hari (5/4/2023) lalu untuk mengusir apa yang mereka sebut sebagai para pemuda bersenjata batu dan petasan yang bersembunyi di dalam masjid.

Mereka menuntut hak sembahyang di dalam masjid itu semalaman dan ini hanya diizinkan pemerintah Israel untuk dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT