ADVERTISEMENT

Agen Korea Utara Menyamar Sebagai Wartawan

Sabtu, 1 April 2023 18:30 WIB

Share
Korea Utara (Ilustrasi)
Korea Utara (Ilustrasi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pengirim yang berpura-pura menjadi reporter, dalam sebuah email tertanggal 14 Oktober 2022 yang diperoleh Mandiant, mengajukan beberapa pertanyaan terkait uji coba senjata nuklir dan rudal Korea Utara.

Di antara pertanyaan itu adalah,“Akankah Jepang menaikkan anggaran pertahanan dan kebijakan pertahanan yang lebih proaktif?”

Penerima email diminta untuk mengirimkan jawabannya dalam lima hari.

Mandiant mengatakan dalam beberapa bulan ini telah berhubungan dengan Badan Penyiaran Independen Pemerintah AS (USAGM) mengenai dugaan operasi warga Korea Utara yang menyaru sebagai wartawan.

“Kepercayaan antara wartawan kami dan narasumber mereka sangatlah penting,” kata Direktur Urusan Publik USAGM Laurie Moy.

Dia melanjutkan,“USAGM berusaha keras untuk melindungi keamanan dan integritas perangkat komunikasi wartawan jaringan kami. Kami menggunakan sejumlah layanan manajemen reputasi, termasuk mengidentifikasi orang yang menyaru dan akun media sosial palsu serta memastikan citra publik terverifikasi dan terkait dengan sumber-sumber daya agensi.”

“Kami juga menyediakan keamanan sistem teknologi informasi yang kuat untuk mendukung masalah keselamatan bagi para wartawan kami. USAGM menyediakan peralatan terenkripsi, memastikan autentifikasi multifaktor untuk mengakses sistem, dan secara rutin memantau kerentanan dan ancaman eksternal," pungkas Laurie Moy. ***

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT