ADVERTISEMENT

Adian: Kalau FIFA Batalkan Piala Dunia U-20 RI karena Ganjar, Dia Macan Dunia!

Jumat, 31 Maret 2023 15:59 WIB

Share
Ganjar tolak Israel tampil di Piala Dunia U-20 disorot. Foto: Kolase/Ist.
Ganjar tolak Israel tampil di Piala Dunia U-20 disorot. Foto: Kolase/Ist.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Politisi PDIP Adian Napitupulu menanggapi diserbunya dua gubernur asal PDIP I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo usai batal digelarnya Piala Dunia U-20 di Indonesia oleh warganet.

Menurut Adian, dirinya tak yakin FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 gegara sikap Koster dan Ganjar Pranowo.

Hal lain yang justru disorot Adian adalah, unsur lain yang jadi penyebabnya, dan bukan Ganjar-Koster penyebab Piala Dunia U-20 batal digelar di RI.

"Sikap Pak Koster dan Pak Ganjar menolak tim Israel menurut saya sah-sah saja dalam konteks demokrasi. Kalau serikat buruh boleh bersikapl, BEM boleh bersikap, pengusaha boleh bersikap, asosiasi boleh, kenapa partai enggak boleh punya sikap?" kata Adian disitat AKI Siang, Jumat 31 Maret 2023.

Menurut Adian, sikap partainya, termasuk surat I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo tak ada satupun memenuhi unsur kebencian, rasisme, dan memecah belah kesatuan bangsa. Surat dan pernyataan Koster-Ganjar, kata Adian, sejauh ini bahkan telah dipelajari secara mendalam.

Dan hasilnya, dari sisi historis dan ideologis, tidak bermasalah. Sikap keduanya dianggap sah.

"Dan kalau kemudian Presiden Jokowi memutuskan lain, sebagai warga negara kita ikuti pernyataan Presiden," katanya.

Bagi Adian, PDIP merupakan partai lama. Para anggota dan kader juga sudah paham betul bagaimana sikap bernegara dan berorganisasi. Andaipun ada perbedaan pendapat di kemudian hari, kata Adian, sah-sah saja.

Saat ditanya bagaimana sikap PDIP dan Adian melihat Koster dan Ganjar diserbu warganet usai Piala Dunia U-20 dibatalkan di Indonesia, dia langsung menjawabnya tergantung pada cara pandang.

"Apakah betul pembatalan itu disebabkan surat atau sikap Pak Koster dan Pak Ganjar? Apakah pernyataan dan surat itu mampu menggeser jadwal piala dunia dan tempatnya?" kata Adian.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT