ADVERTISEMENT

Profil Shou Zi Chew, CEO TikTok yang Menghadapi Kongres AS Akibat Ancaman Pelanggaran Privasi

Sabtu, 25 Maret 2023 09:56 WIB

Share
CEO TikTok Shou Zi Chew (Foto: Twitter/yifullofsin)
CEO TikTok Shou Zi Chew (Foto: Twitter/yifullofsin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Berikut ini profil Shou Zi Chew, CEO TikTok yang menghadap Kongres AS akibat kekhawatiran atas pelanggaran privasi dari platform media sosialnya.

CEO TikTok, Shou Zi Chew baru-baru ini dipanggil menghadap Kongres Amerika Serikat (AS) pada Kamis ( untuk memberi kesaksian soal aplikasinya yang dinilai memberi ancaman pelanggaan privasi dan keamanan nasional.

Meski demikian, anggota parlemen tampak skeptis menanggapi kesaksian CEO TikTOk Shou Zi Chew. 

Dilansir dari CBS News, anggota parlemen AS menilai kesaksian Shou Zi Chew tak banyak membantu menghilangkan kekhawatiran Washington terkait ancaman pelanggaran privasi orang Amerika dan keamanan nasional negara adidaya tersebut.

Dalam lima jam interogasi bipartisan dengan Shou Zi Chew, anggota parlemen tampak skeptis bahwa aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan China, ByteDance dibuat aman untuk pengguna domestik.

 

Sementara Chew menghadapi pertanyaan intens di hadapan Komite Energi dan Perdagangan DPR AS karena kemungkinan pelarangan TikTok mendapatkan momentum di Washington.

Di sisi lain, Chew mengatakan kepada panel DPR AS bahwa TikTok sedang membangun sejumlah firewall yang menutup data pengguna AS yang dilindungi dari akses asing yang tidak sah. Ini termasuk pembentukan entitas perusahaan baru untuk mengawasi penanganan data pengguna AS.

Dia juga meyakinkan anggota parlemen bahwa pendekatan TikTok tidak pernah mengabaikan atau meremehkan kekhawatiran tentang akses asing yang tidak diinginkan ke data AS. Hal itu termasuk potensi manipulasi ekosistem TikTok AS.

Lalu sebenarnya siapa sosok Shou Zi Chew, dan bagaimana ia bisa menjabat sebagai CEO TikTok? Berikut penjelasannya:

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT