ADVERTISEMENT

Beban Utang Mahasiswa Menjadi Tema Film Yang Menggebrak

Kamis, 23 Maret 2023 13:00 WIB

Share
Emily the Criminal
Emily the Criminal

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AS, POSKOTA.CO.ID - Masalah utang mahasiswa menjadi tema film penuh gebrakan.

Sementara Sutradara John Patton Ford tidak pernah mengira filmnya “Emily The Criminal” (Emily Si Penjahat) akan bergaung di antara banyak penonton.

Film tersebut berkisah tentang seseorang bernama Emily yang terbebani utang mahasiswa dan tidak bisa menemukan pekerjaan.

Lulusan perguruan tinggi ini terlibat dalam penipuan menggunakan kartu kredit dan bertindak sebagai pembelanja ilegal yang membeli produk-produk yang semakin berisiko dengan kartu kredit curian.

Kisah film yang dibintangi Aubrey Plaza ini ternyata beresonansi dengan keadaan yang sesungguhnya di kalangan masyarakat di Amerika Serikat di mana banyak lulusan universitas terlilit utang mahasiswa.

John Patton Ford berpikir kini lebih banyak orang berbicara tentang masalah sosial tertutama terkait utang mahasiswa seperti yang dikisahkan dalam film itu. Dia mengaku tidak pernah memperkirakan ramainya pembicaraan tentang fenomena itu sebelumnya.

“Jujur saja ini bukan sesuatu yang benar-benar kami bahas ketika membuat film ini. Ini tidak seperti Aubrey dan saya berkumpul dan kami mengatakan,‘Inilah masalah sosial yang kami pedulikan. Mari kita ciptakan film dengan cerita yang berbicara kepada mereka.’ Tidak seperti itu. Kami tidak pernah merencanakan itu. Tetapi sungguh, kami ingin membuat sesuatu tentang tokoh ini dan kisahnya. Ini adalah pelajaran aneh dalam hal yang sebenarnya penting bagi banyak orang dan apa yang membuat mereka berbicara,” komentarnya.

“Emily the Criminal” mendapat empat nominasi serta memenangkan kategori “Skenario Pertama Terbaik” pada acara pemberian penghargaan film independen ke-38 yang diadakan di Santa Monica California awal Maret lalu.

“Emily the Criminal” menggunakan beban utang mahasiswa secara ekstrem.

Aubrey Plaza memerankan seorang wanita muda Los Angeles yang putus asa yang akhirnya terseret ke dunia kejahatan melalui penipuan bergaji tinggi tetapi berbahaya. Theo Rossi sebagai perantara yang dengan licik mengritik ketidakadilan ekonomi modern.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT