ADVERTISEMENT

MUI Bongkar Rencana Semua Ormas Islam Demi Tolak Timnas Israel Masuk Indonesia

Senin, 20 Maret 2023 09:32 WIB

Share
MUI respons rencana tolak Timnas Israel ke Indonesia. Foto: Kolase/Ist
MUI respons rencana tolak Timnas Israel ke Indonesia. Foto: Kolase/Ist

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut semua ormas Islam di Indonesia berencana tegas menolak kehadiran Timnas Israel U-20 untuk berlaga pada kejuaraan World Cup U20 pada Mei 2023 mendatang.

Penolakan kedatangan Timnas Israel ke Indonesia ini setidaknya muncul dalam gerakan pertemuan antara MUI dengan sejumlah ormas Islam baru-baru ini.

Menurut Wasekjen MUI Arif Fahrudin, dalam pertemuan yang digelar semua ormas Islam di MUI, semata-mata dilakukan untuk merespons rencana kehadiran Timnas Israel ke Indonesia.

"Jadi memang betul bahwa ormas-ormas Islam itu sudah berkumpul, sudah bertemu di kantor Majelis Ulama Indonesia untuk membahas bersama atau merespons terkait dengan Timnas Israel U-20, di mana Indonesia akan menjadi tuan rumah," kata dia dalam wawancara daring di tv swasta, disitat Youtube, Senin 20 Maret 2023.

Walaupun tidak ada kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan tersebut, namun Arif mengatakan pihaknya sudah bisa menyerap masukan dari semua ormas Islam di Indonesia.

"Namun yang perlu dijelaskan di sini, bahwa tidak ada kesepakatan ya, tidak ada kesepakatan. Majelis Ulama Indonesia baru sampai pada level sharring forum ataupun menyerap masukan dari ormas-ormas Islam karena memang elemen dari MUI sendiri, maka kita sebagai rumah besar ormas Islam ya hendaknya memang harus terus menyerap aspirasi dari ormas Islam," kata dia.

BACA JUGA: Alasan MUI Ngotot Tolak Timnas Israel ke Indonesia: Pokoknya Jangan Masuk

Walau tidak ada kesepakatan, MUI juga menegaskan bahwa para mayoritas ormas Islam memang menolak kehadiran Timnas Israel. Mereka juga meminta pemerintah menolak kehadiran Timnas U 20 Israel.

"Ya memang betul, kebanyakan ya, kebanyakan walaupun tidak semuanya. Sebenarnya kita lihat ada yang 100 persen nolak, ada yang juga mencoba apa namanya bisa menolerir . Namun sebagian besar memang kalau kita lihat kalau kita simak ormas-ormas Islam yang berkumpul di MUI kemarin itu memang mengharapkan agar Indonesia ya menolak."

Adapun alasan menolak kedatangan Timnas Israel disebut karena landasan konstitusi.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT