ADVERTISEMENT

Mudik Gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta - Simak Syarat dan 19 Kota Tujuan

Senin, 20 Maret 2023 17:52 WIB

Share
Ilustrasi mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta. Foto: Tribrata.
Ilustrasi mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta. Foto: Tribrata.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemprov DKI Jakarta menggelar mudik gratis 2023. 

Pendaftaran mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta setidaknya akan dibuka pada 23 Maret 2023 mendatang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta ini memiliki kuota hingga 19.280 penumpang. Rinciannya 11.120 penumpang dipersiapkan untuk arus mudik, sedangkan 8.160 penumpang lainnya dipersiapkan untuk arus balik.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Pemprov menyiapkan armada mudik ke 19 kota dan kabupaten di Pulau Jawa dan Sumatera.

Program mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta ini ditegaskan bakal dibuka dalam hitungan hari ke depan. "Pendaftaran dapat dilakukan secara online maupun offline di 6 lokasi service point yang telah disiapkan," kata dia dalam keterangan resminya, dikutip Senin 20 Maret 2023.

Armada bus yang disiapkan sebanyak 482 unit, dengan rincian 278 melayani arus mudik dan 204 untuk arus balik. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan 23 truk untuk mengangkut 690 unit sepeda motor milik pemudik, namun truk tersebut hanya melayani sejumlah lokasi tujuan.

Syarat Mudik Gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta

Calon pendaftar mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta wajib memenuhi persyaratan yang telah ditentukan , seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu vaksinasi COVID-19, dan STNK apabila membawa sepeda motor. 

Setiap pendaftar dapat menambahkan maksimal 3 anggota keluarga dalam satu KK dengan 1 sepeda motor, serta wajib membawa dokumen yang dipersyaratkan pada saat verifikasi di enam lokasi service point yang telah diperuntukkan.

Adapun ke-19 kota tujuan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2023 yang tersebar di 6 provinsi se-Indonesia meliputi Bandar Lampung dan Palembang di Provinsi Sumatera Selatan, Kuningan dan Tasikmalaya di Provinsi Jawa Barat, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonogiri, Wonosobo, dan Yogyakarta di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang di Provinsi Jawa Timur.

Pendaftaran mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang ingin merayakan Lebaran di kampung halaman dengan biaya yang lebih terjangkau.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT