Peduli Lingkungan, Warga Pesanggrahan Tukar Sampah dengan Sembako Alfamart

Minggu, 19 Maret 2023 07:00 WIB

Share
Foto: Warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan menukar sampah dengan sembako Alfamart yang berkolaborasi dengan bank sampah Tri Alam Lestari. (Ist.)
Foto: Warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan menukar sampah dengan sembako Alfamart yang berkolaborasi dengan bank sampah Tri Alam Lestari. (Ist.)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Konsisten menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, Alfamart bersama bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan program tukar sampah dengan Sembako pada Jumat (17/3/2023) kemarin di Wilayah Kampung Alfamart Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang diresmikan pada Februari lalu. 

Warga menukarkan sampah dengan sembako harus memilah terlebih dahulu jenis sampahnya. Jenis sampah yang bisa ditukarkan yaitu antara lain plastik, beling, kertas dan minyak jelantah sebagai bentuk peduli lingkungan sekitar.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat mengenai pemilahan sampah dimulai dari lingkup terkecil yaitu rumah tangga agar tidak semakin mencemari lingkungan dan peduli lingkungan sekitar kita.” Ujar Erry Prihartanto, Branch Manager Alfamart Cikokol.

Sementara itu Direktur Bank Sampah Tri Alam Lestari Tri Sugiarti mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat menumbuhkan kesadaran kita semua agar tetap menjaga kelestarian dan peduli lingkungan sekitar tempat tinggal dengan memisahkan sampah organik dan anorganik. 

Foto: Warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan, mengumpulkan sampah yang dikumpulkan ke Bank Sampah Tri Alam Lestari ditukar dengan sembako. (Ist.)

Ini juga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi penimbunan sampah. Walaupun begitu, nyatanya masih banyak masyarakat yang belum paham bagaimana cara memilah sampah yang memiliki nilai jual seperti tas atau sepatu bekas dan juga sampah kain. 

“Jenis sampah kain sebetulnya bisa kita olah lagi menjadi sesuatu barang yang lebih bernilai tapi tentunya diperlukan suatu keterampilan tertentu” tambah Tri.

Total sampah yang terkumpul saat itu sebanyak kurang lebih 650 kilo. Sampah itu kemudian akan diambil oleh petugas 3R Suku Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan lalu di bawa ke bank sampah induk Gesit Jakarta Selatan. 

“Saya sangat senang mendapatkan sembako dengan menukarkan sampah yang sudah saya kumpulkan. Apalagi sebentar lagi puasa, sembakonya sangat berguna sekali untuk kebutuhan dirumah.” Ujar Ibu Dalinu salah satu warga RT 08 Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggarahan, Jaksel yang peduli lingkungan. (Ril)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar