ADVERTISEMENT

Para Remaja Harus Tahu, Ini Gejala Anemia dan Cara Pencegahannya

Selasa, 28 Februari 2023 11:32 WIB

Share
Ilustrasi gejala anemia pada remaja. (Foto: Ist)
Ilustrasi gejala anemia pada remaja. (Foto: Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID –  Penyakit anemia merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya sel darah merah yang sehat pada tubuh, sehingga kondisi daya tubuh mengalami penurunan. 

Penyakit anemia tersebut tidak hanya menyerang orang tua atau dewasa saja, akan tetapi para remaja pun bisa mengalami penyakit tersebut (anemia) atau kekurangan darah. 

Bagi para remaja di Pandeglang, harus tahu tentang gejala dan pencegahan penyakit anemia. Karena anemia juga dapat menyerang manusia di usia remaja. 

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, memberikan pengenalan terhadap gejala penyakit anemia dan pencegahannya. Gejala anemia pada remaja yaitu 5L, Lemah, Letih, Lesu, Lelah dan Lunglai yang disertai sakit kepala atau pusing.

Mata berkunang-kunang, mudah mengantuk, sulit berkonsentrasi, serta penurunan produktivitas. Kemudian, kelopak mata, bibir, kulit dan kuku tampak pucat.

"Yuk kita kenali gejala penyakit anemia itu. Para remaja harus faham apa itu anemia dan bagaimana gejalanya," ungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Pandeglang, Encep Hermawan, Selasa (28/2/2023).

Menurutnya, meski secara umum, sebagian orang tidak memperlihatkan gejala atau tanda anemia. Namun tidak menutup kemungkinan anak remaja akan mengalami beberapa gejala tersebut. 

"Mari kita kenali dulu apa itu anemia, bagaimana gejalanya dan apa pencegahannya. Anemia merupakan penyakit akibat kekurangan sel darah merah sehat dalam tubuh, gejalanya sendiri seperti yang sudah diterangkan di atas," ujarnya. 

Adapun pencegahan penyakit anemia sendiri jelas Encep, yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi zat besinya, asam folat, zinc, Vitamin A dan C, dan rutin minum tablet tambah darah. 

"Jadi, sebagai upaya pencegahan anemia kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Rutin minum Vitamin serta tablet penambah darah, supaya sel darah merah dalam tubuh tetap stabil atau normal," jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Samsul Fathony
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT