Setiap Tahun Volume Sampah Meningkat, Pemkab Lebak Bangun Pusat Daur Ulang

Sabtu, 4 Februari 2023 15:46 WIB

Share
Kondisi sampah di salah satu TPSA Lebak. (ist)
Kondisi sampah di salah satu TPSA Lebak. (ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Pemkab Lebak, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), telah membangun Pusat Daur Ulang (PDU) sampah di Desa Keusik, Kecamatan Banjarsari, Lebak, Banten.

Pembangunan PDU sampah tersebut untuk mengatasi sampah-sampah di Lebak yang terus mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya.

Seperti di Tempat Pemrosesan Sampah Akhir (TPSA) Dengung, di Kecamatan Maja dan Cihara, Kecamatan Cihara.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Lebak, Nana Mulyana mengatakan, setiap hari sampah yang dibuang ke TPSA hingga 70 ton di Dengung dan juga TPSA di Cihara 30 ton.

Jadi tiap harinya mencapai 100 ton di dua TPSA tersebut. 

"Nah, dengan semakin meningkatnya volume sampah, maka dirasa perlu membangun PDU guna meminimalisir penumpukan sampah di TPSA," katanya, Sabtu (4/2/2023).

Saat ini ungkap dia, TPSA Dengung, Kecamatan Maja merupakan tempat untuk menampung sampah dari Kecamatan Rangkasbitung, Sajira, Maja dan sekitarnya.

Sementara TPSA Cihara, Kecamatan Cihara, merupakan tempat penampungan untuk wilayah Lebak selatan Kecamatan Malingping dan sekitarnya.

"PDU sampah yang dibangun oleh Pemkab Lebak akan mengakomodir dan mengelola sampah untuk wilayah Lebak selatan dan sekitarnya," ungkapnya.

Diakuinya, bahwa pembangunan PDU sudah selesai, namun saat ini belum beroperasi karena ada beberapa tahapan yang harus diselesaikan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar