ADVERTISEMENT

Dukung Pembenahan Kualitas Wasit, Pengamat: Gunakan VAR di Liga Indonesia

Sabtu, 4 Februari 2023 22:51 WIB

Share
Video Assistant Referee (VAR) (Foto: UFA).
Video Assistant Referee (VAR) (Foto: UFA).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

“Jika Erick komitmen dengan yang dia ucapkan, sepakbola nasional punya harapan untuk tumbuh besar,” imbuhnya.

Menteri BUMN yang juga salah satu calon kuat Ketua PSSI, Erick Thohir, sebelumnya monyoroti buruknya kinerja wasit baik di liga 1, liga 2, sampai liga 3. Menurut dia, wasit Indonesia harus didorong dengan keberadaan teknologi seperti asisten video wasit, atau VAR di liga profesional Indonesia.

Erick Thohir mengatakan saatnya organisasi induk sepak bola Indonesia ini dibersihkan dari para oknum-oknum yang sering memanfaatkan organisasi untuk memupuk harta kekayaan mereka. Untuk itu, perlu adanya dukungan penuh dari para suporter demi kemajuan dan berprestasinya sepak bola Indonesia.

“Kita harus ciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi ini yang coba kita ciptakan. Tetapi yang namanya perbaikan sepak bola itu perlu dukungan suporter. Suporternya mau nggak menikmati sepak bola yang aman, gimana supaya suporter dukung? iya kita harus dengar mereka dulu,” kata Erick Thohir yang dikutip di akun Instagram pribadinya, Sabtu (4/2/2023).

Untuk menciptakan sepak bola yang bersih dan prestasi, Erick Thohir ingin menerapkan teknologi VAR di sepak bola profesional Indonesia agar tidak ada manipulasi pertandingan lewat wasit. Pasalnya, ada kecurigaan para mafia bola sering menggunakan wasit untuk memuluskan permainan kotor mereka.

“Keluhan Asprov kita mesti dengar. Klub-klub juga sama, mereka sudah spending uang, tahunya lagi main di ujung ada penalti. Makanya jangan kita salahkan siapa-siapa, jangan salahin wasit nanti implementasi dengan VAR kayak di piala Dunia,” katanya.

“Jadi kita mengurangi penuduhan wasit-wasit yang curang. Klub juga jadi bisa berinvestasi lebih baik. Dia (club) merasa uang yang dikeluarkan tidak ada kerugian di lapangan. Nah itu semua harus bersih," imbuhnya menandaskan.(*)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT