ID Food Targetkan Pendapatan Rp17 Triliun di Tahun Ini

Rabu, 1 Februari 2023 07:30 WIB

Share
Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan (foto/ist)
Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan (foto/ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pangan, ID Food menargetkan pendapatan Rp17 triliun pada tahun ini.

Guna mencapai target tersebut beberapa perbaikan fundamental perusahaan dilakukan. Di antaranya transformasi keuangan jangka panjang hingga streamlining anak usaha.

“Kami menargetkan pendapatan di tahun 2023 sebesar 17 Triliun dengan Ebitda 1 Triliun,” ujar Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan dalam keterangan, Selasa, (31/1/2023).

Frans mengatakan, program Kerja dan inisiatif strategis RKAP 2023 mengacu kepada 5 prioritas Kementerian BUMN dan 12 inisiatif strategi utama dengan tema fix the fundamentals and unlock the value.

Di antaranya ekspansi yang berkesinambungan, penciptaan nilai ekonomis dan pertahankan posisi keuangan yang berkesinambungan, serta transformasi keuangan.

Kemudian, kemitraan petani, peternak dan UMKM, transformasi model bisnis, integrasi dalam supply chain, sentralisasi fungsi pendukung Holding, pengembangan ekosistem untuk peningkatan produksi pangan, otomatisasi proses bisnis, membangun fondasi Agriculture 4.0, membangun kemitraan lokal & global, optimalisasi aset, pengembangan talenta milenial dan BOD-1.

“Beberapa perbaikan fundamental perusahaan di antaranya transformasi keuangan jangka panjang termasuk transformasi EBITDA, streamlining anak usaha, optimalisasi aset non core business dan non produktif,” urai Frans.

Frans memerinci, potensi kinerja perseroan di operasional bisnis ID Food Group meliputi komoditas gula ditargetkan naik sekitar 13 persen dari tahun 2022 yakni dengan target produksi Gula Kristal Putih (GKP) sebanyak 300.433 ton, yang dikelola ID Food Group di antaranya PT PG Rajawali I, PT PG Rajawali II dan PT PG Candi Baru.

Komoditas perikanan, Frans menargetkan, pada sektor yang dikelola anggota holding PT Perikanan Indonesia sebanyak 16.087 ton produksi perikanan atau naik sekitar 24 persen dari yang diprogramkan tahun 2022.

Begitupun pengelolaan pabrik pakan ikan ditargetkan produksi sekitar 4.328 ton.

Halaman
Reporter: Wanto
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar