Presiden Jokowi Kemungkinan Akan Menunjuk Joko Agus Setyono atau Dhani Sukma sebagai Sekda DKI

Jumat, 27 Januari 2023 04:26 WIB

Share
Salah seorang kandidat Sekda DKI Joko Agus Setyono yang mendapat nilai tertinggi dalam seleksi
Salah seorang kandidat Sekda DKI Joko Agus Setyono yang mendapat nilai tertinggi dalam seleksi


JAKARTA, POSKOTA.CO.ID

Presiden Jokowi kemungkinan akan menunjuk Joko Agus Setyono atau Dhani Sukma sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta menggantikan Marullah Matali. Joko yang sekarang menjabat sebagai Kepala BPK Bali sedangkan Dhani Sukma saat menduduki Walikota Jakarta Pusat.

Seperti diberitakan ada 6 nama yang lolos tahapan seleksi terbuka calon Sekda DKI. Keenam nama itu adalah Benni Aguscandra (Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu DKI Jakarta) yang mendapat nilai 77,84, Dhany Sukma (Wali Kota Jakarta Pusat) mendapat nilai 87,07, Isnawa Adji (Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah) mendapat nilai 79,98, Joko Agus Setyono (Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali) mendapat nilai 88,16, Michael Rolandi Cesnanta Brata (Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah DKI Jakarta) nilai 86,58, dan Syaefuloh Hidayat (Inspektur DKI Jakarta) 80,22.

Dari keenam orang tiga tertinggi adalah Joko Agus Setyono, Dhany Sukma dan Michael Rolandi Cesnanta Brata. Para calon Sekda itu kemarin bertempat di Ruang Sidang Utama ( RSU ) Gedung A Lantai 3 , Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat 3 menjalani tes wawancara.
 
Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Suhajar Diantoro dalam dokumen tertulis tentang nama-nama yang lolos, Kamis (26/1), menyebutkan bahwa keenam calon tersebut merupakan hasil dari Tes Manajerial dan Sosio Kultural (Assesment). 

Sumber Poskota yang meminta tidak ditulis namanya mengatakan, kemungkinan besar Presiden Jokowi akan menunjuk Joko Agus Setyono sebagai Sekda DKI menggantikan Marullah. Alasan sang sumber, selain dari hasil tes Joko mendapat nilai tertinggi, juga DKI butuh orang yang mampu mengelola adminstrasi keuangan yang mahir.

APBD DKI jumlahnya sangat besar dibanding provinsi lain. Oleh karena itu, Sekda sebagai motor dari pemerintahan di DKI harus memiliki pengetahuan di bidang keuangan. Joko yang bergelut lama di BPK sepertinya cocok menempati jabatan itu.

Sedangkan nama Dhani Sukma seperti diketahui sekarang menjabat Walikota Jakarta Pusat. Dhani memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni terutama dalam penataan birokrasi. Kedua calon kuat Sekda DKI ini memiliki keahlian dibidang masing-masing. "Ujung-ujungnya tinggal siapa yang akan dipilioh Pak Jokowi karena keduanya memiliki kemampuan dan keahlian masing-masing," kata sumber itu.

Joko Setyono bukan orang baru di DKI. Karirnya saat masih jadi kepala seksi, dia berkarir di BPK DKI Jakarta. Setelah dari Jakarta, Joko pernah memangku jabatan kepala di Riau, kemudian Jawa Timur dan akhirnya di Bali. ***


 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar